Toko Buku Sering ‘Ganti’ Fungsi Perpustakaan – Ambon Ekspres
Pendidikan

Toko Buku Sering ‘Ganti’ Fungsi Perpustakaan

Kendati beda fungsi, tapi banyak siswa dan mahasiswa yang menjadikan toko buku sebagai ganti perpustakaan. Mereka mengunjungi toko buku dan membaca walau sambil berdiri.

Meski pada sejumlah rak ada tulisan di larang membaca, bahkan ada buku yang tidak bisa dibaca karena masih dibungkus plastik.

Memang maksud mereka ke toko buku untuk membeli buku. Tapi ada juga yang hanya melihat dan mebaca, tapi kalau ada yang menarik dan sesuai keinginan dan isi saku, mereka langsung membelinya.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Unpatti Ambon, Alwi Alaydrus, misalnya, mengaku, hampir setiap minggu ke toko buku. Paling telat dua minggu. Banyak toko buku di Kota Ambon telah dia jambangi.

Mahasiswa semester akhir ini mengaku, kalau dia ke toko buku memang tujuan untuk mencari buku tertentu. Paling sering buku-buku yang berkaitan dengan ilmu aplikasi computer. ‘’Buku tersebut memang jarang ada di perpustakaan, jadi harus dicari di toko buku,” akuinya.

Memang buku yang dicarinya berbeda dengan disiplin ilmu yang ditekuninya dikampus, tapi dia mengaku sangat hobi dengan aplikasi computer.

Di toko buku, dia tidak langsung membeli. Tapi dia cari dan baca dulu berbagai buku tentang aplikasi computer, karena tidak ada judul buku tertentu yang dicari. “Karena tidak ada judul buku tertentu yang dicari, jadi saya baca-baca saja buku yang ada, terutama judul buku yang baru. Kalau ada yang pas, baru dibeli,” ujarnya.

Tapi terkadang, dia juga ke toko buku untuk mencari buku dengan judul tertentu. “Ini tidak sulit, ketemu judul buku, langsung beli. Sulitnya kalau judul buku itu tidak tersedia di toko buku yang didatanginya, jadi harus keliling toko buku. Apalagi kalau judul yang dicari, buku lama. Itu yang sulit,” pungkasnya. (ADI)

Most Popular

To Top