30 Ribu Pasukan Irak Serbu ISIS di Tikrit – Ambon Ekspres
Internasional

30 Ribu Pasukan Irak Serbu ISIS di Tikrit

KIRKUK, AE.—Sebanyak 30 ribu pasukan gabungan Irak bahu-membahu menyerang kelompok militan ISIS di sekitar wilayah Tikrit. Ini merupakan serangan terbesar yang dilakukan oleh Irak.
Pasukan Pemerintah Irak sudah bertempur dengan ISIS di wilayah utara selama beberapa bulan terakhir. Bahkan, mereka berhasil meraih kemenangan atas kelompok garis keras tersebut.

Namun, Tikrit merupakan wilayah tersulit yang mereka rebut dari kekuasaan ISIS. Menurut pemimpin pasukan Pemerintah Irak, hal ini akan menjadi sebuah kemajuan untuk merebut kembali Kota Mosul.

“Tentara, polisi federal, unit relawan, dan anak-anak Suku Salaheddin sedang melaksanakan tugas pembebasan dalam operasi terbesar terhadap wilayah Daesh sejak Juni,” kata seorang perwira senior militer.

“Kami mengincar kemenangan, tapi operasi ini jelas tidak mudah,” sambung salah satu petugas itu, seperti diberitakan AFP, Selasa (3/3/2015).

Operasi untuk merebut wilayah Tikrit sudah dilakukan sejak Senin 2 Maret 2015, beberapa saat setelah mendapat perizinan dari Perdana Menteri Haider al Abadi. Sumber militer juga menyatakan serangan melibatkan pesawat tempur. (OZ)

Most Popular

To Top