Alkatiri Siap, Suruwaky Gandeng Ongen – Ambon Ekspres
Trending

Alkatiri Siap, Suruwaky Gandeng Ongen

AMBON, AE— Koalisi partai Golongan Karya (Golkar) dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk mengusung Abdul Mukti Keliobas dan Fachri Husni Alkatri sebagai calon bupati dan wakil bupati kabupaten Seram Bagian pada Pemilukada 2015, belum dapat dipastikan. Kendati telah ada komunikasi politik yang dibangun, koalisi baru dapat ditentukan setelah Golkar menentukan sikap dengan melihat hasil survei internal tentang figur yang layak untuk direkomendasikan.

Fachri Husni Alkatiri yang diwawancara Koran ini mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah membangun komunikasi politik dengan sejumlah partai pilitik, termasuk Golkar. Terkait kemungkinan akan diri akan dipinang Mukti Keliobas, Alkatiri belum dapat memastikan. Namun Alkatiri mengisyaratkan, dengan dukungan PKS, dia tetap maju, baik sebagi calon wakil bupati atau calon bupati. “Insya Allah, untuk rekomendasi PKS, sudah jelas,” ungkapnya, kemarin.

Selain Golkar, pihaknya juga membangun komunikasi dengan sejumlah partai lainnya, yakni Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan partai Nasional Demokrat (Nasdem). Dukungan dari partai-partai tersebut sangat dibutuhkan. “PKS kan tidak bisa maju sendiri,” kata Alkatiri.

Kendati demikian, anggota DPRD provinsi Maluku dari Dapil kabupaten SBT ini mengatakan, saat ini, pembicaraan belum sampai pada tingkat koalisi. Sebab, semua bakal calon masih pada posisi menanti dukungan resmi dari patai politik. “Belum ada partai yang memberikan rekomendasi kepada kandidatnya. MK (Mukti Keliobas) mau minang bagaimana, sementara belum ada rekomendasi buatnya,” kata Alkatiri.

Saat ini yang terus dilakukan adalah sebatas komunikasi politik. Diakuinya telah melakukan pembicaraan dengan Mukti Keliobas termasuk melibat petinggi Golkar dan PKS di Maluku.

“Jadi persoalan minang -meminang orang bisa lakukan kecuali sudah ada calon pengantin, belum ada rekomendasi, bagaimana bisa ada pengantin. Tapi memang, Pak gubernur menginginkan saya dengan Pak MK berpasangan. Kalau survei juga mendukung harapan kita ini, berarti kita siap untuk melanjutkan,” sebutnya.

Terkait konsolidasi ditingkat masyarakat, Alkatiri mengungkapkan, tetap dilakukan. Para pendukung telah siap untuk bekerja. Saat ini masih menanti rekomendasi dari partai politik, kemudian dapat mendaftar di Komisis Pemilihan Umum setempat.

Sementara itu, bakal calon lainnya, Siti Umariyah Suruwaky diketahui telah mendapat dukungan resmi dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Selain itu, komunikasi politik juga dilakukan dengan sejumlah partai lain, yakni Gerindra, Hanura, dan Nasdem.

“Rekomendasi PKPI sudah diperoleh Ibu Siti. Kami sementara menanti keputusan dari partai politik yang telah menerima berkas pendaftaran,” ungkap salah satu tim pendukung Siti Umaria Suruwaky, Jofan Aineka, via seluler, kemarin.

Menyoal figur yang akan mendampingi wakil bupati kabupaten SBT dua periode ini dalam Pemilukada nanti Aineka menegaskan, pilihan Suruwaky jatuh pada Kepala dinas Pertambangan Kabupaten SBT, Syarifuddin Goo Alias Ongen Goo.

“Ini pasangan yang cocok, karena perpaduan antara figur yang punya pengalaman politik dan pemerintahan dengan figur yang punya pengalaman birokrasi,” ungkap dia sembari menambahkan, pihaknya akan bekerja keras, memenangkan pasangan ini setelah lolos semua persyaratan dan telah mendaftaran di KPUD Kabupaten SBT. (MAN)

Most Popular

To Top