Bawaslu Segera Bentuk Timsel Panwaslu Bursel-MBD – Ambon Ekspres
Politik

Bawaslu Segera Bentuk Timsel Panwaslu Bursel-MBD

AMBON,AE— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku dalam waktu waktu dekat membentuk Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Panitia Pengawas Pemilu untuk kabupaten Buru Selatan dan Maluku Barat Daya yang akan melaksanakan Pilkada di 2015. Percepatan pembentukan Timsel ini sebagai bentuk persiapan Bawaslu mengawasi Pilkada.

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Fadli Silawane kepada Ambon Ekspres, Rabu (4/3) via telepon. Dikatakan seleksi calon anggota Panwaslu maupun sampai pada penetapan, akan disesuaikan dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Jadwal dan Tahapan Pilkada serentak.

“Dalam waktu satu dua hari kedepan, Bawaslu akan menetapkan Timsel untuk Bursel dan MBD. Mereka akan menyeleksi calon anggota Panwaslu di dua kabupaten tersebut,”ujar Silawane.

Hanya saja kata dia, Bawaslu belum memastikan, anggota Timsel yang direkrut berasal dari Timsel sebelumnya atau tidak. Sesuai dengan ragulasi, Silawane memaparkan, keputusan soal rekrutmen Timsel akan di tempuh melalui rapat Pleno komisoner.

“Kami akan pleno baru menentukan siapa yang akan menjadi Timsel. Apakah mereka yang saat telah menjadi Timsel di calon anggota Panwaslu ARu dan Seram Bagian Timur dipertanahankan atau tidak, tergantung hasil rapat Pleno,” katanya.

Soal uji kelayakan dan kepatutan terhadap 12 besar nama-nama calon anggota Panwaslu Aru dan SBT, dia mengatakan, akan dilakukan setelah Timsel secara resmi memberikan hasil dan penetapannya.

“Kami harus menerima laporan resmi dari Timsel. Rencananay Jumat besok mereka menyampaikannya laporan akhir mereka kepada Bawaslu. Kami akan tentukan kapan jadwal uji kelayakan dan kepatutan. Jadi akan disesuaikan dengan PKPU tentang Pilkada serentak 2015,” jelas dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universita Pattimura Ambon ini. (TAB)

Most Popular

To Top