Hari Ini Sidang Pembunuhan Leuwol – Ambon Ekspres
Metro Manise

Hari Ini Sidang Pembunuhan Leuwol

Perkara Perikanan Juga Sidang Perdana

AMBON, AE— Sidang perkara pembunuhan terhadap Hilda Natalia Leuwol dengan terdakwa Buce Erasmus Batmomolin akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Kamis (5/3) ini. Demikian disampaikan Humas PN Ambon, Ahmad Bukhori kepada Ambon Ekspres, kemarin.

Dikatakan sidang perdana ini akan berlangsung dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sidang itu nantinya akan dipimpin hakim ketua Lilik Nurainy SH didampingi hakim anggota Didi Ismiatun SH dan Aleks Pasaribu SH.

Sebagaimana diketahui, tubuh Hilda Natalia Leuwol yang adalah pegawai honorer Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Maluku, ditemukan tidak bernyawa di kawasan pantai Liang, kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku tengah pada 11 Maret 2014 lalu.

Setelah dilakukan penyelidikan terhadap kematian Leuwol, maka polisi menjerat Buce Erasmus Batmomolin sebagai pelaku, yang tidak alain adalah pacar korban sendiri.
PENGADILAN PERIKANAN

Selain sidang perkara pembunuhan, sidang perkara perikanan terhadap lima nahkoda kapal asing, juga akan digelar Pengadilan Perikanan (PP) Maluku yang juga berkantor di PN Ambon. Lima terdakwa nahkoda kapal asing yang nantinya akan disidangkan masing-masing Zhu Vian Le (Tiongkok) dengan nomor perkara 01/Pidsus/2015/PN.Amb. “Terdakwa Zhu Vian Le dijerat dengan pasal 100 jo pasal 7 ayat (2) UU Nomor 31 tahun 2004 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan,“ ujar Bukhori.

Selanjutnya, perkara nomor 02/Pidsus/PN.Amb atas nama Thanapon Panuai alias Chen (Thailand). Chen dijerat dengan pasal 92 jo pasal 26 ayat (17) UU tentang Perikanan. Selanjutnya perkara nomor 03/Pidsus/PN.Amb atas nama Thongma Lapho. Perkara nomor 04/Pidsus/PN/Amb dengan terdakwa Zuang Dzheng dan perkara terakhir bernomor 05/Pidsus/PN.Amb dengan terdakwa Chen Xian Qi. “Untuk perkara bernomor 2 hingga 4 dijerat dengan pasal yang sama,“ kata juru bicara PN Ambon ini.

Ditambahkan, sidang perkara perikanan ini nantinya akan diadili oleh hakim ketua Matius SH, didampingi dua hakim yakni hakim anggota Muhammad Yamin Akkae dan M Sakti. Ditambahkan, jika nantinya persidangan ini berlangsung, maka lima terdakwa yang diadili itu akan menjadi perkara pertama yang digelar PP Maluku sejak diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali.(AFI)

Most Popular

To Top