Minta Talud Penahan Longsor Segera Dibangun – Ambon Ekspres
Amboina

Minta Talud Penahan Longsor Segera Dibangun

AMBON, AE.—Warga BTN Kanawa RT 08 RW 018 Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon selalu khawatir saat turun hujan. Pasalnya, hingga kini rencana pembangunan talud penahan longsor di blok C BTN Kanawa yang dianggap rawan longsor masih belum dikerjakan.

Semula tanggul sepanjang 500 meter itu sudah dicek langsung Dinas Tata Kota Ambon, namun hingga saat ini belum juga diselesaikan. ‘’Jadi warga sangat ketakutan ketika turun hujan karena lokasi ini rawan longsor,’’ ungkap ketua RT 08 RW 0018, Ahmad Soleman kepada Ambon Ekspres di rumahnya di BTN  Kanawa, Selasa (3/3).

Menurut dia,  Dinas Kata Kota berjanji tahun 2014 akan menyelesaikan talud tersebut sehingga tidak memakan korban lagi.

‘’Tanggul ini penting untuk menjaga keselamatan warga sekitar. Titik  longsor di blok C dianggap rawan. Lokasi juga pernah terjadi longsor dan menewaskan dua orang warga. Bencana  itu membuat warga khawatir dan berharap talud penahan longsor segera dibangun,” ungkapnya.

Soleman mengaku ada tiga titik terjadinya longsor tahun lalu yang menimpa warga sekitar. Satu titik sudah dibangun talud denggan anggaran dari Pemprov Maluku yakni diblok D yang juga rawan longsor. Sementara dua titik lain belum disentuh Pemkot Ambon. Padahal, kata dia, perumahan tersebut juga membantu keindahan dan kenyamanan di Kota Ambon.

Dirinya beserta  ketua RT  lain di BTN Kanawa  mengaku  telah berulang kali menyurati Dinas Tata Kota Ambon untuk membantu masyarakat dari  bencana alam  ketika datangnya musim penghujan. Warga sangat berharap  ada langkah antisipasi dari Pemkot Ambon. “Jangan tebang pilih. BTN juga termasuk titik  rawan. Kalau didiamkan  terus begini saat musim hujan datang pasti  terjadi longsor lagi,” katanya.

Asisten II Kota Ambon, Moh Novel Masuku belum lama ini  menghimbau warga Kota Ambon yang mendiami kawasan kaki gunung yang rawan longsong agar tetap siaga. Pasalnya,  diperkirakan Kota Ambon mulai memasuki musim penghujan sehingga bisa rawan terjadi longsor. “Kami mendorong agar wilayah rawan bencana longsor diperhatikan serius untuk keselamatan warga,” ungkap dia. (AID)

Most Popular

To Top