Polisi Tuntaskan Kasus Warga Serut – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Polisi Tuntaskan Kasus Warga Serut

AMBON, AE—Pihak kepolisian dari Satreskrim Polres Malteng akhirnya menyelesaikan tugas mereka dalam menuntaskan berkas perkara para pelaku, yang terlibat dalam aksi pemblokiran jalan dan pengrusakan  sejumlah fasilitas pemerintah yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Seram Utara (Serut). Hal ini diungkapkan kuasa hukum warga Serut, Fachri Bachmid kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Dikatakan, pekan depan seluruh berkas kliennya itu akan diserahkan polisi ke JPU Kejari Masohi untuk diproses lanjut hingga ke pengadilan. “Sampai saat ini sudah sebagain berkas perkara sudah masuk ke JPU. Tetapi pekan depan itu semuanya sudah bisa diselesikan polisi dan sudah bisa berada ditangan jaksa. Tinggal selanjutnya para tersangka menjalani persidangan. Dan semua proses selama ini telah berjalan dengan baik,’’ kata dia.

Menurut dia, pihaknya akan bersama dengan para pelaku guna mendapatkan keadilan dalam hukum. Dia mengaku, sejak persoalan tersebut terjadi pihaknya selalu melakukan pengawalan terhadap para tersangka. “Kami akan tetap melakukan pengawalan dan pendampingan terhadap klien kami yang kini sudah mulai menjalani proses persidangan. Biarlah semua itu akan dilihat dalam proses persidangan nanti,” jelas dia.

Sebelumnya, pada akhir tahun 2014 lalu, warga yang mendiami kawasan Seram Utara Kabupaten Malteng merusak dan membakar tiga kantor kecamatan dan rumah dinas camat serta satu penginapan milik kerabat Bupati Malteng. Ketiga kantor kecamatan yang dibakar tersebut yaitu Kantor Kecamatan Seram Utara di Wahai, Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Kobi di Kobisadar dan Kantor Kecamatan Seram Utara Timur Seti di Kobisonta. Rumah dinas camat di ketiga kecamatan tersebut juga turut dibakar.

Warga yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu Ketua Tim Pemekaran Kabupaten Seram Utara Raya Adlin Salaputa, Berti Aitonam (28), Hendra Tomagola (28), Faisal Hamdani Rumasoreng (28), Tony Amanukuani (38), Andi Aitonam (33), Masrul Popilo (24), Saleh Maba (43), Hanok Soaputi (41), Kalsum Watratan (43), Irsan Saban (33) dan Samsul Tamher.(AHA)

Most Popular

To Top