Ramli Yakin Elit Golkar Main – Ambon Ekspres
Trending

Ramli Yakin Elit Golkar Main

AMBON,AE— Bupati Buru, Ramli Umasugi kembali menegaskan pencalonan dirinya sebagai Ketua DPD Golkar Maluku pada Musyawarah daerah, April mendatang.

Komunikasi politik dengan seluruh DPD-DPD Golkar kabupaten/kota telah dilakukan. Elit Partai Golkar juga diyakininya akan ikut main dalam bursa pemilihan.

“Sudah waktunya yang muda memimpin partai Golkar. Saya telah melakukan komunikasi yang baik dengan DPD-DPD Golkar di 11 kabupaten/kota. Dan semua pada prinsipnya sangat mengapresiasi terhadap langkah yang saya ambil terkait dengan suksesi di partai Golkar Maluku,” ujar Ramli kepada Ambon Ekspres usia menyampaikan materi pada kegiatan Maluku Young Leader yang dilaksanakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon, di Hotel Ambon Manise, beberapa waktu lalu.

Ketua DPD Golkar Buru ini mengatakan, sebagai kader Golkar, selalu siap jika dibutuhkan untuk memimpin dan membesarkan partai berlambang pohon beringin ini kedepan. Tentu kata dia, kemampuan setiap calon yang akan bertarung nanti dapat dilihat dari rekam jejak dan keberhasilan. Baik di level partai maupun pemerintahan.

Disinggung soal pengaruh elit yang masih kuat di Golkar Maluku, Ramli mengaku sudah lumrah. Setiap elit partai punya kepentingan politik masing-masing yang ingin dicapai. Musda Golkar merupakan salah satu mediumnya.

“Saya yakin pada momentum suksesi Golkar, elit partai bermain. Pasti mereka punya kepentingan. Dan kalau itu yang terjadi, maka inilah medianya untuk mereka mengapresiasikan kepentingan politik mereka. Silahkan saja,”tandas salah satu kandidat kuat Ketua DPD Maluku ini.

Dia juga menyampaikan apresiasi terhadap dukungan DPD-DPD dalam setiap kali komunikasi politik. Banyak masukan yang disampaikan, terutama soal membangun partai Golkar Maluku kedepan agar lebih baik lagi.

“Olehnya itu saya menyampaikan terima kasih kepada teman-teman atas kebersamaannya untuk membangun komunikasi yang baik untuk pencalonan saya dan kebaikan partai Golkar ke depan. Terutama untuk membesarkan partai,”tuturnya.
Peluang Kader Muda

Pengamat politik Universitas Pattimura Ambon, Mohtar Nepa-Nepa menilai, peluang kader muda untuk memimpin partai Golkar Maluku sangat terbuka. Ekpektasi politik kader muda Golkar sudah teruji saat pemilihan bupati maupun Walikota.

“Peluang kader muda sangat terbuka. Situasi politik saat ini didominasi oleh kader-kader muda yang berpotensi disamping memiliki loyalitas pendukung selama pemilihan bupati dan Walikota maupun Gubernur,” ujar Mohtar.

Menurut dia, jika selama ini kepemimpinan partai Golkar selalu di dominasi kader tua, itu menandakan Golkar Maluku masih berafiliasi dengan kekuatan Orde Baru. Padahal semboyan paradigma baru Golkar semestinya estafet kepemimpinan sudah diberikan kepada kader muda.

Figur-figur muda yang potensial saat ini di tengarai mampu memimpin Golkar Maluku. Salah satunya menurut dia, Ramli Umasugi yang saat ini menjabat Bupati Buru. “Jika Partai Golkar ditingkat lokal menginginkan perubahan mendasar maka sebaiknya estafet kepemimpinan harus di pegang kader muda,” katanya.

Sebaliknya, tokoh-tokoh tua Golkar sudah saatnya menjadi pengayom dalam membesarkan Golkar di tingkat lokal. “Jika Golkar mampu menunjukan perubahan dengan dipimpin kader muda, maka dapat dipastikan segmen pemilih muda yang potensial akan menjadi kekuatan atau penopang utama dalam meraih suara pada Pilkada maupun pemilu mendatang,” kuncinya.(TAB)

Most Popular

To Top