Ipsi Maluku Minta Bantu PB untuk Gelar Penataran Wasit-Juri – Ambon Ekspres
Olahraga

Ipsi Maluku Minta Bantu PB untuk Gelar Penataran Wasit-Juri

Karim : Peningkatan Kualitas

AMBON, AE.—Sebanyak 30 peserta dari pengurus cabang (Pengcab) silat di Maluku akan ambil bagian dalam penataran wasit-juri dan pelatih.Kegiatan yang digagas oleh Pengurus Provinsi Ikatan Pencak Silat Indonesia (Pengprov Ipsi) Maluku bakal dilaksanakan pertengahan April mendatang.

Tak tanggung-tanggung, Darul Kutni Tuhepaly dan kawan-kawan akan mendantangkan dua   instruktur bersertifikasi nasional.

Sekretaris Ipsi Maluku, Hasan Karim menjelaskan, penataran  ini akan dilakukan selama tiga hari dan dipusatkan di Kantor KONI Maluku.

’’ Kegiatan penataran sangat positif.Pasalnya, Ipsi Maluku akan memiliki puluhan tenaga Wasit-Juri dan Pelatih yang berkualitas,’’ kata Karim. ’’  Instruktur untuk penataran berasal dari PB (Pengurus Besar) Ipsi,’’ sambung dia.

Dengan demikian, lanjut Karim,  setiap  ada event di Maluku, pihaknya  tidak akan lagi tergantung dan mendatangkan tenaga Wasit-Juri dari pusat (PB).Sebab pasca penataran nanti, Ipsi Maluku memiliki koleksi tenaga Wasit-Juri yang berkualitas dan siap pakai.Begitu pula dalam soal pelatih. ’’ Materi yang akan diberikan kepada peserta nanti akan mengedepankan metodologi pelatihan berbasis IPTEK,’’ jelasnya.

Karim pun optimis cabor silat akan semakin maju dan berkembang pesat.Tidak hanya dari sisi kegiatan, tetapi juga dari sisi kualitas prestasinya. ’’ Dukungan dari teman-teman pengurus silat yang ada di Maluku sangat diharapkan sehingga kegiatan ini bisa berjalan sesuai dengan rencana,’’ kunci Karim kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

JARING ATLET LEWAT KEJURDA

Guna menyaring atlet potensial yang akan diterjunkan pada babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun ini, Pengprov Ipsi Maluku akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda). ’’ Kegiatan yang akan dilaksanakan nanti merupakan penyaringan atlet untuk PON di Jabar sekligus implementasi program kerja Ipsi Maluku,’’ ujar Darul Kutni Tuhepaly, Ketum Ipsi Maluku

Lanjut Tuhepaly, kejuaraan kali ini diikuti oleh semua pendekar yang ada di Maluku.Kegiatan ini penting sebagai ajang peningkatan prestasi atlet dan pelestarian budaya Indonesia. ’’ Event ini bagus, karena silat merupakan budaya negeri kita yang harus terus dilestarikan,’’ jelasnya.

Pemenang dari kejuaraan beskala daerah ini, imbuh Tuhepaly, bakal dipromosikan untuk melakoni event yang lebih tinggi, yakni Pra PON dan PON. ’’ Atlet yang dikirim ke sana (Pra PON) harus benar-benar berkualitas.Ini misi kami untuk ‘mencuri’ tiket PON,’’ pungkas Tuhepaly. (ZAL)

Most Popular

To Top