Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar – Ambon Ekspres
Pendidikan

Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar

SALAH satu sumber belajar di sekolah adalah perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari program sekolah secara keseluruhan. Perpustakaan sebagai gudang informasi dan ilmu pengetahuan selayaknya menjadi sumber belajar, yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.

‘’Apalagi, pada era kurikulum baik itu Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, menyiratkan perlunya meningkatkan peran perpustakaan sekolah sebagai penunjang kegiatan pembelajaran siswa dan guru,’’ ingat Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 2 Ambon Ny. Elisabeth Radjawane kemarin.

Dia mengatakan perpustakaan sekolah dalam membantu siswa untuk menghasilkan prestasi yang bermutu tidak bisa bekerja sendiri. Dimana, dukungan sekolah terutama melalui pemegang kebijakan (kepala sekolah), akan memperlancar tugas yang dimiliki oleh pengelola perpustakaan sekolah.

Tugas perpustakaan dalam memajukan masyarakat sekolah melalui ilmu pengetahuan dan informasi harus diwujudkan secara efektif dan efisien.

Masyarakat sekolah yang menjadi sasaran perpustakaan, mulai dari pihak manajemen sekolah, guru, siswa, pihak orang tua, dan segenap warga sekolah yang lain harus menjadi pintar dengan adanya perpustakaan sekolah.

Selain itu, kata dia, siswa sebagai objek utama dari proses pembelajaran, harus dikenalkan betapa pentingnya manfaat dari perpustakaan sekolah. Masyarakat sekolah yang sadar dengan kehadiran perpustakaan akan mewujudkan masyarakat yang gemar membaca.

‘’Karena itu, perpustakaan secara tidak langsung dapat mengajarkan tentang rasa tanggungjawab dalam meminjam dan menjaga koleksi buku dari kerusakan atau kehilangan, serta kebiasaan baik lainnya yang tercermin dalam tata tertib maupun peraturan perpustakaan,’’ tandasnya lagi.

Olehnya itu, kata dia, pihaknya juga memiliki tugas yang besar untuk selalu menumbuhkan rasa cinta akan perpustakaan sekolah pada setiap siswa. (PRO1)

Most Popular

To Top