Resmi Buka Pendaftaran, Laipeny Merapat ke Hanura – Ambon Ekspres
Politik

Resmi Buka Pendaftaran, Laipeny Merapat ke Hanura

AMBON,AE— Politisi Golkar Maluku, Arnolis Laipeny secara resmi mendaftarkan diri di DPC Partai Hati Nurani Rakyat Maluku Barat Daya sebagai calon bupati setempat. Hanura sendiri telah membuka pendaftaran sejak 2 Maret lalu di Tiakur.

Selain Laipeny, dua kandidat lain yang juga mendaftar yakni, Abraham Erbabley (calon bupati) dan Niko Kili-Kili (calon wakil bupati). Untuk memaksimalkan proses perekrutan bakal calon kepala daerah, DPC Hanura MBD juga membuka pendaftaran di Kota Ambon.

Sekretaris DPC Hanura MBD, Salmon V Norimarna mengatakan, proses perekrutan bakal calon kepala berdasarkan Petunjuk Pelaksana (Juklak) DPP Hanura nomor 0808/DPP-Hanura/XI/2009 tanggal 28 November 2009 tentang Tata Cara perekrutan dan pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

“Kami sudah membuka pendaftaran di Tiakur. Akan tetapi pendaftaran juga akan dilakukan di kota Ambon. Pendaftaran dan seleksi calon kepala daerah sesuai Juklak yang dikeluarkan DPP,” kata Salmon kepada Ambon Ekspres, Kamis (5/3).

Salmon melanjutkan, sampai dengan saat ini belum memberikan kepastikan, apalagi rekomendasi kepada bakal calon tertentu. Karena itu, dia membantah adaya isu bahwa balon tertentu telah mengantongi rekomendasi untuk bertarung pada Pilkada MBD, Desember mendatang.

“Karena prosesnya bersandar pada mekanisme internal, maka tidak ada satupun calon yang bisa mengklaim bahwa akan mendapatkan rekomendasi Hanura atau telah mendapatkan rekomendasi, itu tidak benar. Sebab, kami membuka pendaftaran untuk umum. Peluang mereka juga akan ditentukan setelah dilakukan survei,” terangnya.

Dikatakan, survei untuk mengetahui tingkat elektabilitas bakal calon, akan dilangsungkan April. Meski begitu, jajak pendapat secara terbuak oleh publik terkait balon yang telah mendaftar sudah dilakukan di Tiakur, Ibu Kota kabupaten MBD.

Untuk memastikan proses rekrutmen dan seleksi bakal calon bupati dan wakil bupati di internal Hanura berjalan independen dan professional, Salmon menegaskan, tak ada satupun kader Hanura MBD yang bisa menerima sogokan dari balon.

“Ini kami hindarkan. Karena, jangan sampai mereka tidak dapat dapat rekomendasi dan justru mengeluarkan pernyataan yang tidak benar. Misalnya mengaku sudah memberikan uang dan sebagainya. Ini pimpinan yang bicara,”tegas pengusaha ini.

Setelah pendaftaran yang direncanakan berlangsung selama 20 hari (10 hari di Tiakur dan 10 hari di Kota Ambon), DPC Hanura MBD, akan meminta formulir pendaftaran yang telah diisi oleh balon. Selanjutnya, disampaikan akan disampaikan ke DPD Hanura Maluku yang dipimpin Ayu Hindun Hasanussi itu untuk memberikan pertimbangan.

“Komitmen yang kami harapkan dari para calon ini adalah, komitmennya membangun partai Hanura kedepan. Terutama untuk menghadapi Pemilu 2009. Kami sangat hati dan professional dalam hal memberikan mengakomodir calon bupati,” kuncinya. (TAB)

Most Popular

To Top