Satpol PP Tertibkan Kios Obat Ilegal – Ambon Ekspres
Metro Manise

Satpol PP Tertibkan Kios Obat Ilegal

AMBON, AE— Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ambon, melakukan swiping sekaligus penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan disepanjang bahu jalan trotoar. Dalam penertiban itu, petugas juga membongkar satu tenda pedagang obat ilegal yang berjualan diatas trotoar di pasar buah Pantai Losari.

Kepala Satpol PP Kota Ambon, Demy Paays mengatakan, penjual obat yang beraktivitas di pasar tidak memiliki izin tetap akan dibongkar paksa. Sebab dagangan tersebut dianggap ilegal. ‘’Apalagi berjualan di atas trotoar. Pasti akan dibongkar kiosnya. Kami mengingatkan, kalau tidak memiliki izin maka dagangan mereka akan disita. Kami masih memberikan dispensasi kalau besok dan seterusnya masih beraktivitas lagi maka langsung di sita barang dagangan mereka,” tegas dia.

Pedagang obat, Ahmat Latif yang dimintai komentarnya mengaku tendanya dibongkar tanpa koordinasi. Dia kecewa dengan tindakan petugas Satpol PP. “Minimal disampaikan baik-baik. Jangan langsung bertindak lepas tenda. Mereka harus menjadi contoh yang baik kepada masyarakat,” ujar dia.

Menurut dia, para pedagang ini menggelar dagangan mereka dikawasan itu karena mendapat izin dari Lurah Hunipopu, Kecamatan Sirimau. ‘’Dagangan ini juga hanya musiman saja. Tidak perlu langsung dibongkar seperti ini. Apalagi mengatakan dagangan kami ilegal,” kesalnya.

Sementara itu, koordinator penjual obat, Dani Pasabese mengaku pernah mendatangi Pemkot Ambon namun belum sempat dikasih izin sehingga diminta ke kelurahan setempat. Pedagang asal Sulawesi Selatan ini berharap Pemkot Ambon bisa mengizinkan mereka berdagang untuk kebutuhan hidup. ”Kami menghargai aturan Pemkot Ambon. Namun petugas tanpa koordinasi langsung bongkar. Itu yang membuat kami kesal,” ucapnya.
(AID)

Most Popular

To Top