Kejahatan Masih Marak di Pasar Mardika – Ambon Ekspres
Metro Manise

Kejahatan Masih Marak di Pasar Mardika

Polisi Diminta Tingkatkan Pengawasan

AMBON, AE— Anggota Komisi I DPRD Ambon meminta aparat kepolisian lebih meningkatkan pengawasan di Pasar Mardika Ambon. Ia menilai, selama ini banyak masyarakat yang resah terhadap maraknya aksi pencurian di sekitar lokasi tersebut yang diduga merupakan bagian dari sebuah sindikat. Untuk itu, diharapkan pihak kepolisian lebih tingkatkan fungsi intelijen untuk mengungkap masalah tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Ambon, Zeth Pormes menilai, selama ini pihak kepolisian sudah melakukan fungsi dan tugasnya dengan baik walaupun dengan berbagai keterbatasan. Namun, saat ini tingkat pencurian di lokasi terminal Mardika masih tinggi. Kondisi ini membuat warga semakin resah. “Kami berikan apresiasi yang positif terhadap kapolres dan jajarannya. Namun, saat ini aksi jambret dan pencurian di sekitar lokasi tersebut meningkat. Hal ini juga disebabkan karena penataan lingkungan pasar yang semrawut dan tidak rapi. Untuk itu perlu ada peningakatan pengawasan dari polisi dan intelijennya,” ungkap Pormes kepada Ambon Ekspres di kantor DPRD Ambon, kemarin.

Menurut dia, polisi memiliki keterbatasan infrastruktur dalam penempatan di lokasi terminal. karena sebelumnya sudah ada koordinasi dengan DPRD Ambon khususnya Komisi I. Namun, pihaknya akan terus mendorong untuk minimal ada pembangunan pos representatif yang disiagakan 5-10 personil untuk berjaga-jaga. “Saya yakin dengan pos kepolisian yang permanen dan representatif dan ditempati aparat yang profesional maka aksi kejahatan di lokasi itu akan berkurang. Kami tetap akan mendorong dan meminta polisi meningkatkan pelayanan dan tugas mereka di kawasan tersebut,” jelasnya.

Politisi Golkar ini mengaku, fungsi intelijen di pasar juga harus ditingkatkan untuk bisa mengungkap habis sindikat yang sering meresahkan warga. “Pengungkapan sindikat ini butuh peran intelijen yang kuat. Untuk itu kami minta kepada Polres Ambon untuk meningkatkan fungsi Intelijen agar bisa terungkap dan bisa dituntaskan. Jangan sampai terjadi peningkatan terhadap aksi yang meresahkan warga ini seperti yang sering terjadi,” pesannya.

Anggota Komisi I DPRD Ambon lainnya, Lucky Nikiyuluw mengatakan, sindikat pencopet ini sudah sering melakukan aksinya disaat lemahnya pengawasan. Maka harus ada pengawasan yang lebih maksimal dari pihak kepolisian. “Jaringan pencopet yang selama ini meresahkan masyarakat harus dapat diungkap dan ditangkap secepatnya,” kata Lucky beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kejahatan ini merupakan tanggung jawab polisi dalam mengungkapnya. “Terkait sindikat pencopet ini kami dari DPRD sering menyampaikan keluhan masyarakat kepada pihak kepolisian, karena sudah banyak yang dirugikan tetapi ini terkesan sengaja dibiarkan,” papar Politisi PDI-P ini.

Dirinya menambahkan, sindikat pencopet harus segera ditumpas habis oleh polisi. Jangan sampai, ada oknum-oknum tertentu yang sengaja terlibat dan memback-up pelaku kejahatan ini. “Jangan sampai ada oknum tertentu yang terlibat dalam sindikat ini. Tindakan ini terjadi berulang kali, bahkan terpelihara dan terkoordinir secara rapi. Olehnya itu harus menjadi perhatian dari polisi untuk menuntaskan persoalan tersebut,” ingatnya.
(ISL)

Most Popular

To Top