Juara ADNC, SSB Maehanu Wakili Maluku ke Tingkat Nasional – Ambon Ekspres
Olahraga

Juara ADNC, SSB Maehanu Wakili Maluku ke Tingkat Nasional

Sarfin : Wasit Kurang Profesional

AMBON, AE.—Tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Maehanu Tulehu akhirnya keluar sebagai juara kompetisi sepakbola Aqua Danon Nation Cup (ADNC) region Maluku setelah menumbangkan SSB Castilla Maluku Utara dengan skor 2-0 (1-0) pada laga pamungkas yang berlangsung di Stadion Mandala Remaja Karang Panjang Ambon, kemarin petang.

Kemenangan anak asuh Ahmad Marasabessy ini dipersembahkan oleh penyerang Agian Ramadhani di menit ke-5 dan Ikhwan pada menit ke-18.

Pertandingan yang disaksikan ratusan penonton itu berjalan sengit.Di babak pertama, kedua tim tampil dengan permainan ofensif, namun di awal menit kelima, Agian berhasil merobek jala gawang tim Castilla yang dikawal Abdul Asis.

Tak berselang lama, anak-anak Maluku Utara mencoba menyamakan kedudukan lewat sepakan sang kapten Muhammad Taufik Antarani, sayang sepakan Antarani berhasil diamankan oleh kiper SSB Maehanu. Gawang SSB Maehanu kembali terancam ketika kapten Castilla kembali mencoba peruntungan di menit ke-8, namun sepakannya masih di atas mistar gawang.

Peluang emas di dapat oleh SSB Maehanu ketika wasit memberi hadiah pinalti setelah pemain belakang Castilla menyentuh bola di kotak terlarang. Sayang, Ikwan yang maju sebagai eksekutor tak mampu manjalankan tugasnya dengan baik.Sepakan pemain bernomor punggung 10 itu mampu diamankan oleh kiper Castilla.Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Arsitek Castilla, Sarfin Sarifudin mencoba merotasi beberapa pemain. Di kubu SSB Maehanu juga demikian. Permainan pun semakin menarik, jual beli serangan terjadi di menit-menit awal. Pemain Castilla mencoba menggempur pertahanan Maehanu lewat sektor kanan gawang, namun usaha mereka selalu gagal karena kokohnya benteng pertahanan Maehanu.

Bahkan tim Castilla berhasil menguasai pertandingan, namun petaka datang menimpa SSB Castilla di menit ke-18.Pemain belakang Castilla kembali menyentuh bola dengan tangan di area terlarang, wasit pun menunjuk titik putih. Ikwan yang ditunjuk sebagai algojo, sukses mengecoh kiper lawan.Skor 2-0 bertahan hingga waktu normal berakhir. Kemenangan ini mengantarkan SSB Maehanu Tulehu menuju Jakarta untuk Final Nasional ADNC, Juni mendatang.

Pelatih SSB Maehanu, Ahmad Marasabessy usai pertandingan mengatakan, kemenangan ini karena anak asuhnya melaksanakan seluruh arahan pelatih serta kecermatan dalam memanfaatkan setiap peluang untuk mencetak gol. ’’ Semua berjalan sesuai dengan skenario,’’ katanya kepada Ambon Ekspres di Stadion Mandala Remaja, kemarin.
Namun, dirinya menyatakan kemenangan tersebut diharapkan tidak membuat pemain berpuas diri, karena masih akan melakoni babak final nasional di Jakarta.

Apalagi dalam pertandingan melawan Castilla masih terlihat ada sejumlah kekurangan, khususnya di sektor tengah.’’ Anak-anak berhasil sudah berhasil melewati hadangan ‘saudara muda’ (Castilla).Tapi, ada tantangan berat bakal dihadapi, yakni melawan tim dari provinsi lain. Semoga mereka bisa menang,’’ pungkasnya.

Sedangkan, pelatih tim SSB Castilla, Sarfin menyatakan kekalahan anak asuhnya terletak pada kelemahan lini belakang dan penjaga gawang.Ini akan menjadi evaluasi pada event berikutnya.’’ Ada beberapa kelemahan, terutama pada lini belakang,’’ bilangnya.

Sarfin pun merasa kecewa dengan kepemimpinan wasit yang memimpin laga kemarin.’’ Saya nilai, wasitnya kurang adil saat mengambil keputusan. Ini juga jadi masukan kepada Asprov PSSI Maluku (IW) dalam menunjuk wasit untuk memimpin laga,’’ katanya. ’’ Jujur, saya sangat kecewa dengan sang pengadil lapangan,’’ sambungnya.
Kedepan, imbuh Sarfin, wasit bisa lebih profesional dalam memimpin setiap laga.’’ Kalah dan menang itu biasa. Tapi, wasitnya juga harus adil dalam mengambil keputusan,’’ pungkasnya. (ZAL)

Most Popular

To Top