Memperkenalkan Ragam Budaya Daerah – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Memperkenalkan Ragam Budaya Daerah

MASING-masing daerah tentunya memiliki tradisi dan budaya asli setempat. Tradisi dan budaya tersebut diwariskan secara turun temurun dan diciptakan oleh nenek moyang kita sebagai sarana untuk rekreasi dan hiburan. Tradisi dan budaya tersebut bisa meliputi seni musik, tarian, permainan, busana, kerajinan tangan dan kuliner.

Misalnya di Maluku, wilayah ini memiliki keungulan dari tradisi dan budaya yang ada. Seperti,  tradisi Panas Pela, Musik Hawaian, Tari Perang, Permainan Bambu Gila,  busana celana kes atau hansop, serta berbagai  kerajinan tangan  dan kuliner khas Maluku yang terbuat dari sagu.

Dengan keanekaragaman budaya yang ada, mulai dari kota hingga ke kabupaten, menjadikan Maluku mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi.

Tradisi dan budaya yang berkembang di tengah masyarakat sejak dahulu merupakan bagian dari akar budaya masyarakat Maluku, yang perlu dipertahankan dan dilestarikan hingga ke semua generasi.

Sehingga, keseluruhan ragam budaya yang dimiliki merupakan karakteristik dari daerah ini dan bukan hanya sebagai konsumsi hiburan semata bagi penduduk lokal, tapi menjadi ikon budaya dari Maluku secara nasional maupun internasional.

Oleh sebab itu, kerja sama antar masyarakat dan pemerintah sangat di butuhkan dalam menjaga dan melestarikan ragam budaya daerah ini. (IWU)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!