Pasukan Irak Berhasil Kuasai Bagian Kota Tikrit – Ambon Ekspres
Internasional

Pasukan Irak Berhasil Kuasai Bagian Kota Tikrit

TIKRIT, AE.—Pasukan militer Irak dan sekutunya telah memasuki bagian dari kota Tikrit dalam lanjutan serangan untuk merebut kota tersebut dari kelompok teror ISIS.

Menteri Pertahanan Irak kemarin menyatakan pasukannya telah mengepung kota di sepanjang sungai Tigris dan bersiap untuk memasuki kota.

Dalam video yang dikeluarkan oleh Kementrian Pertahanan Irak, terlihat pasukan Irak yang dibantu milisi Syiah menghancurkan 20 senapan mesin berat, dan 20 kendaraan tempur dalam usaha memasuki Tikrit. Video itu juga mengklaim telah menewaskan sekira 350 orang pejuang ISIS dalam empat hari operasi militer di wilayah itu, namun jumlah tersebut masih belum bisa dipastikan.

Kementrian Pertahanan Irak menyatakan Pasukan Pemerintah Irak bersama dengan pasukan Syiah telah menguasai jalan utama Kota Tikrit dan menempatkan diri di sana. Saat ini pasukan tersebut sedang bergerak maju ke Jalan al Qadisiah.

Menurut laporan dari Al Jazeera, Rabu (11/3/2015), seorang sumber dari militer Irak menyatakan keberhasilan tersebut bukan berarti mereka telah menguasai seluruh Kota Tikrit.

Jalan-jalan di Tikrit dilaporkan telah dipasangi bahan peledak, dan pasukan ISIS juga dilaporkan telah meledakkan jembatan yang mengarah menuju Tikrit.

Tikrit adalah sasaran penting bagi Militer Irak. Merebut kembali Tikrit akan menjadi sebuah modal penting untuk merebut kota penting lainnya, Mosul yang saat ini juga masih dikuasai oleh ISIS. (OZ)

Most Popular

To Top