Puluhan Anak Korban Boko Haram Hilang Ingatan – Ambon Ekspres
Internasional

Puluhan Anak Korban Boko Haram Hilang Ingatan

YAOUNDE, AE.—Anak-anak berusia lima sampai 18 tahun yang diselamatkan dari kelompok teror Boko Haram tidak bisa mengingat nama maupun asa usul mereka.

Direktur National Democratic Institute—sebuah lembaga yang bermarkas di AS, Christopher Fumonyoh mengatakan 80 anak yang diselamatkan dari sebuah kamp militan Boko Haram di sebelah utara Kamerun tersebut tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris, Prancis, maupun bahasa lokal.

“Mereka telah kehilangan kontak dengan orangtua mereka. Mereka juga kehilangan kontak dengan orang-orang dari desa mereka. Mereka tidak dapat berbicara untuk melacak hubungan mereka, bahkan mereka tidak bisa menyebutkan namanya sendiri,” kata Fumonyoh, yang dikutip BBC, Rabu (11/3/2015).

Pasukan keamanan menyelamatkan mereka pada November 2014 dari sebuah tempat yang diduga sebagai sekolah. Di sana mereka dipaksa belajar ideologi ekstremis Boko Haram. Kelompok teror yang berbasis di Nigeria itu telah memperluas jangkauannya hingga mencapai Kamerun. Minggu lalu pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau menyatakan bersumpah setia dengan kelompok militan ISIS. (OZ)

Most Popular

To Top