Berkas Vanath Menggantung di Polda – Ambon Ekspres
Trending

Berkas Vanath Menggantung di Polda

Proses penyidikan terhadap kasus pencucian uang, dengan tersangka bupati Seram Bagian Timur, Abdullah Vanath, masih di tangan penyidik Ditreskrimsus Polda Maluku. Penuntasan kasus ini, akan sangat bergantung kelengkapan berkas perkara oleh penyidik polisi.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah dua pekan lalu mengembalikan berkas perkara Vanath ke penyidik Ditreskrimsus untuk dilengkapi, setelah BAP diserahkan ke Kejaksaan Tinggi Maluku. “Berkasnya sudah dikembalikan ke penyidik untuk dilengkapi, “kata Palapia.

Berkas yang dikembalikan kepada penyidik Ditreskrimsus, disertai dengan petunjuk. Nantinya, petunjuk itu akan dilengkapi oleh penyidik. “Intinya, JPU dan Penyidik ditreskrimsus akan berkoodinasi terkait dengan proses kelengkapan berkas Vanath. Jika nantinya berkas sudah lengkap, akan dilimpahkan ke tahap selanjutnya,” jelasnya.

Soal kapan berkas tersebut dilimpahkan ke pengadilan tindak pidana korupsi Negeri Ambon, Palapia mengatakan, akan sangat bergantung pada kelengkapan berkas Vanath.

Apabila telah lengkap, maka JPU secepatnya akan memproses ke Pengadilan. Namun, kepastian kapan berkas tersebut masuk pengadilan, tidak bisa dipastikan.

“Belum dapat diketahui kapan berkasnya dilimpahkan ke Pengadilan. Karena berkasnya masih dilengkapi oleh penyidik. Nanti jika sudah lengkap dan dilimpahkan ke tahap II, barulah diproses oleh jaksa, “pungkasnya.

Direktur Reskrimsus Polda Maluku, Komisaris Besar Polisi kepada Ambon Ekspres, Kamis kemarin, mengatakan BAP Vanath masih dalam proses penyidikan untuk dilengkapi. “Masih dalam P19. Kami terus berkoordinasi dengan JPU Kejati, dan BPK terkait proses HPKN itu,” jelasnya.

Penyelesaian beberapa dokumen dalam berita acara, kata dia, sangat bergantung pada penuntasan BPK atas perhitungan kerugian keuangan Negara atas.“Kami berjalan sambil menunggu HKPN dari BPK itu,” terang dia.(AFI)

Most Popular

To Top