Hendak ke Suriah, 16 WNI Ditahan Turki – Ambon Ekspres
Internasional

Hendak ke Suriah, 16 WNI Ditahan Turki

ANKARA, AE.—Pemerintah Turki menahan 16 Warga Negara Indonesia (WNI) karena diduga akan menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok militan ISIS.

“Kami telah menahan 16 WNI, dan kini kami akan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indoensia di Ankara,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki, Tanju Bilgic, seperti dialnsir The Nations, Kamis (12/3/2015).

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indoensia, terkait penahanan 16 WNI tersebut. Pihak Kemlu belum memberikan secara rinci identitas mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, 16 WNI hilang di Turki melalui jasa layanan wisata, dikhawatirkan mereka telah menyeberang ke Suriah dan bergabung dengan Kelompok militan ISIS.

Kekhawatiran ini muncul saat Polisi Turki mengatakan kasus semacam ini sering terjadi, dan mayoritas dari mereka yang hilang terdeteksi telah menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok radikal tersebut.

Turki dikenal sebagai negara transit bagi para pejuang asing yang ingin menyeberang ke Suriah untuk bergabung dengan kelompok militan di sana. (OZ)

Most Popular

To Top