Kemendikbud Gelar Sosialisasi UN di Maluku – Ambon Ekspres
Pendidikan

Kemendikbud Gelar Sosialisasi UN di Maluku

KEMENTRIAN Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Kepala Pusat Penilaian Prof dr Nitzam, kemarin, melaksanakan sosialisasi Ujian Nasional (UN) kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku serta seluruh Kadis Kabupaten/kota beserta kepala sekolah, yang dipusatkan di ruang serbaguna lantai 2 kantor Dikbud.

Dalam penjelasannya, Nitzam mengatakan, banyak terjadi perubahan yang siginifikan di tahun 2015 ini, karena Mendikbud RI Anies Baswedan, sangat konsen terhadap masalah pendidikan di Indonesia terutama menyangkut UN. Tahun ini, katanya, UN tidak lagi dinilai oleh pusat, tapi diserahkan ke seluruh provinsi melalui pihak sekolah untuk menentukan hasil kelulusan anak didik.

Dijelaskan, untuk semua perubahan diatur juga dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 210 diantaranya ada tiga prilaku yang diinginkan adalah anak-anak harus berkarakter dan jujur serta belajar sepanjang hayat. ‘’Karena itu, UN jangan dicemari dengan ketidakjujuran. Dengan demikian, kami berharap Provinsi Maluku dapat melaksanakan UN dengan sebaik mungkin, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang benar-benar berkualitas,’’ katanya.

Dia menilai, Provinsi Maluku terlihat telah siap melaksanakan UN, dengan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah sebagai pihak penyelenggara. ”Saya sangat berharap agar semua sekolah di Maluku, melakukan penilaian secara baik dan benar, agar UN di Maluku tidak tercemar,” harapnya.

Sementara Kadis Dikbud Provinsi Maluku, Saleh Thio, mengatakan Maluku melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku telah benar-benar mempersiapkan UN dengan diawali pembentukan panitia, hingga sosialisasi UN.

‘’Sosialisasi ini akan kami teruskan ke seluruh kabupaten/Kota. Selanjutnya, Kabupaten/Kota dimintakan untuk sosialisasikan kepada seluruh sekolah peneyelenggara ujian,’’ tandasnya.

Menurutnya, untuk tahun ini ada dua pola UN yakni melalui komputer dan manual. Untuk Provinsi Maluku, baru SMA Negeri Siwalima yang telah mempersiapkan diri mengikuti UN dengan menggunakan komputer. (PRO1)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!