Konsulat Amerika Sambangi Malteng – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Konsulat Amerika Sambangi Malteng

Masohi, AE.—Konsulat  Jenderal Amerika  Joaqin Monserrate didampingi Kepala Bagian Politik Amerika Brandon Possin, Kamis (12/3),  bertandang ke Kabupaten Maluku Tengah. Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin kerjasama dengan Kabupaten Maluku Tengah bidang ekonomi dan politik.
Dalam kesempatan itu  Joaqin Monserrate  menanyakan dampak positif kepemimpinan Jokowi dan  Jusuf Kala di

Maluku Tengah.  Menurut bupati pelaksanaan demokrasi di Kabupaten Maluku Tengah sama dengan wilayah lain di Indonesia. Pemerintah secara intens terus mengupayakan peningkatan pemahaman berdemokrasi masyarkaat demi meningkatkan partisipasi dalam pemilu sesuai dengan asas demokrasi “luber dan jurdil”,” ungkap bupati.

Dijelaskan pula pelaksanaan demokrasi langsung masih sangat efektif.  Masyarakat Maluku Tengah dan masyarkaat Indonesia umumnya cenderung lebih sepakat dengan pelaksanaan demokrasi langsung.

“Lewat pemilu langsung, masyarkat bisa secara langsung menentukan sosok pemimpinnya. Pemilu langsung juga masih menjadi pola demokrasi di Indonesia untuk masa mendatang,” jelas bupati.

Standar rata-rata pendidikan warga turut berpengaruh terhadap kualitas demokrasi di Malteng. Landasannya, kata bupati, tingginya standar rata-rata pendidikan warga mempengaruhi terpilihnya sosok pemimpin yang berkualitas.

“Pemahaman berdemokrasi masyarakat sudah sangat baik,  karena tingkat pendidikan di Kabupaten Maluku Tengah sudah menjamin itu. Di tiap kecamatan sudah ada Sekolah SMA bahkan pendidikan lanjutan setingkat Universitas dan sekolah tinggi sudah ada,” beber bupati.

Peningkatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan masyarakat merupakan konsentrasi bupati dan wakil bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua–Marlatu Leleury. Bahkan di dua tahun terakhir masa kepemimpinan keduanya,  persoalan ini lebih diboboti.

Kepempinan Presiden dan Wakil Presiden dalam menggerakan berbagai sektor lebih menyempurnakan usaha Pemkab di Malteng. “Dampak kepemimpinan presiden dan wapres saat ini mulai nampak dengan usaha meningkatkan swasembada pangan dengan meningkatkan sarana dan prasaran pertanian. Serta pembangunan infrastuktur dan suprastruktur,” ungkap Bupati. (MYX)

Most Popular

To Top