Seleksi Tim Sepakbola Pra PON Berakhir April – Ambon Ekspres
Olahraga

Seleksi Tim Sepakbola Pra PON Berakhir April

Aji : Penilain Berdasarkan Kriteria, bukan Selera

AMBON, AE.—Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Maluku  segera merampungkan seleksi pemain  Pra PON sebagai persiapan menuju babak kualifikasi  PON 2016 di Jawa Barat.

Menurut Aji, Pelatih tim sepakbola Pra PON Maluku,  pihaknya akan akan mendatangi beberapa lokasi di Kota Ambon dan sekitarnya untuk memantau pemain yang bakal memperkuat tim Maluku jelang Pra PON nanti.’’ Selain perekrutan pemain lewat seleksi, kami juga akan turun di beberapa tempat untuk memantau pemain,’’ katanya.

Aji mengaku bahwa, tugasnya untuk memilih 11 pemain terbaik  untuk menghadapi event nasional itu sangat berat, sebab ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian.’’ Semua aspek akan dinilai, terutama mental. Walau pemain itu bagus, tapi mentalnya kurang baik, maka akan berpengaruh para performa tim,’’ ulasnya.

Tapi dengan pengalamannya sebagai pelatih, kata mantan kapten PSM Makassar ini,  memilih dan menyeleksi pemain bukanlah hal yang asing baginya.’’ Saya akan memilih pemain-pemain yang sesuai dengan kriteria.Pemain-pemain yang dia pakai harus mampu menerapkan filosofi permainannya di atas lapangan,’’ ungkapnya.’’ Saya akan lebih hati-hati dalam memilih pemain,’’ sambungnya.

Dalam seleksi maupun proses pemantauan, kata Aji, dirinya akan fokus kepada empat item, yakni teknik, individual,  skill, fisik hingga psikologi pemain.’’ Jika mereka memenuhi empat kriteria ini, maka peluang untuk bergabung bersama tim akan sangat besar,’’ katanya.

Disinggung mengenai jadwal seleksi sendiri? mantan pelatih Persemalra ini berujar, seleksinya setelah kompetisi Piala Raja.’’ Kami akan pantua pemain di kompetisi itu.Untuk seleksi tahap awal, kami akan jarring 30-40 pemain,’’ ujarnya.
Mereka yang dinyatakan lolos, kata Aji, akan mengikuti seleksi lanjutan, karena hanya ada 25 orang yang akan menjadi peserta Pra PON.’’ Seleksi akhir diperkirakan pada April mendatang, dan mereka yang terpilih nanti merupakan yang terbaik,’’ jelasnya.

Aji menambahkan, target utama tim Maluku adalah bisa lolos atau masuk peserta PON 2016.’’ Jadi, setelah lolos dari babak kualifikasi PON nanti, baru kami bisa bicara target apa yang akan dikejar,’’ demikian Aji. (ZAL)

 

Most Popular

To Top