Terkendala Listrik Mobil Net Tak Bisa Difungsikan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Terkendala Listrik Mobil Net Tak Bisa Difungsikan

Terbatasnya pasokan  listrik di  kabupaten Buru Selatan terutama di Kota Namrole,  juga berpengaruh terhadap kinerja Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan  Mobile Pusat Layanan Informasi (Mobile Net) kepada masyarakat. Program yang diturunkan pemerintah pusat lewat Kementerian  Komunikasi  dan Informasi (Kemenkoinfo) sejak beberapa tahun lalu sampai saat ini tidak dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.

Di Kota Namrole, ibukota Kabupaten Bursel ada dua unit mobile net, tapi pengoperasiannya sangat tergantung dari pasokan listrik. Padahal keberadaan Mobile Net ini sangat dibutuhkan masyarakat, juga pemerintah kabupaten Bursel dalam akses data dan informasi.

“Keluhan soal listrik  di Kota Namrole sudah lama, tapi tidak tahu seperti apa solusi yang diambil pemerintah,” ujar Niko Seleky, salah satu warga Namrole, belum lama ini.

Niko mengaku, kalau masalah listrik sudah terpenuhi maka sangat positif dalam mendorong percepatan pembangunan di Namrole. “Kalau listrik ada, maka fasilitas telekomunikasi yang sudah ada sekarang dapat difungsikan. Kalau fasilitas telekomunikasi aktif, maka berbagai kemajuan dan persoalan di Buru Selatan dapat dieksposes atau disialisasikan ke luar,” ujarnya.

Ia mencontohkan  Mobile Net yang dimiliki pemerintah daerah sampai sekarang tidak dapat difungsikan lantaran terhambat ketersediaan listrik. “Kita masyarakat jarang mendapat manfaat dari layanan ini,” akuinya.

Seleky mengakui, keberadaan dua unit Mobile Net itu sangat membantu terutama para siswa, mahasiswa, pegawai negeri sipil (PNS), serta masyarakat  dalam mengakses berbagai perkembangan dan informasi. “Kalau siswa dan mahasiswa itu sangat membantu dalam penyelesaian tugas-tugas mereka,” tandasnya.

Hanya saja, lanjut dia, untuk dapat mengakses layanan ini harus menunggu aliran listrik diaktifikan di wilayah Namrole, dan itu biasanya pada malam hari.

“Kalau pasokan listrik tidak bermasalah, otomatis  pelayanan kepada masyarakat  berjalan baik. Sebaliknya, jika pasokan listrik mengalami hambatan otomatis akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” akuinya.
Biasanya, untuk memenuhi tuntutan atau kebutuhan mendesak dari masyarakat pengguna, penanggung jawab mobil net terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan karena harus menggunakan mesin genset.

“Kalau bisa Pemkab Bursel dapat memperhatian masalah ini, dimana kalau pasokan listrik normal maka pelayanan dua Mobile Net itu dapat berjalan sesuai dengan  yang diharapkan,” ujarnya. (ESI)

Most Popular

To Top