Belum Ada Jalan Menuju TPA Namrole – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Belum Ada Jalan Menuju TPA Namrole

Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Buru Selatan (Bursel) hingga saat ini masih kesulitan mengefektifkan pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Ini karena akses jalan menuju areal TPA belum sepenuhnya dibangun instansi terkait.

Kondisi jalan yang belum dibangun tersebut menjadi penyebab lambannya penanganan masalah sampah di Namrole. Selain itu, penyebab lainnya adalah armada sampah yang masih terbatas.

Saat ini Pemkab Bursel sudah membangun lokasi TPA seluas 5 hektare. Hanya akses jalan menuju lokasi TPA belum dibangun. “Kita sangat kesulitan membuang sampah, karena akses jalan menuju areal TPA belum juga dibangun,” ujar salah satu staf Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Buru Selatan beberapa waktu lalu.

Lokasi TPA yang berada di Dusun Leku dan Wamsoba Kecamatan Namrole sejauh ini belum dapat dimanfaatkan baik. “Lahan pembuangan sampah itu luasnya sekitar 5 hektar. Namun sampai saat ini, lahan tersebut belum bisa difungsikan karena akses jalan  belum dibuka,” bebernya.

Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, lanjut dia, saat ini  membuang sampah pada lereng gunung yang curam dan lokasinya jauh dari pemukiman penduduk dan lahan pertanian masyarakat. “Saat ini kita masih buang sampah di jurang-jurang yang jauh dari daerah  pemukiman masyarakat dan pertanian,” akuinya.

Perencanaan pembukaan jalan menuju lokasi TPA, sebut dia, sudah dikoordinasi antara Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup dengan Dinas PU Kabupaten Bursel. Tapi sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya.

Masalah TPA, kata dia lagi, pimpinan Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup sudah dibicarakan dengan bupati maupun wakil bupati. “Kita berharap secepatnya pembangunan jalan menuju lokasi TPA segera terwujud,” ujarnya.
Sementara untuk kesiapan armada sampah,  sebut dia, saat ini baru tiga unit mobil, dimana dua buah berukuran besar, dan yang satunya lagi berukuran kecil. “Untuk armada itu tidak masalah,” katanya. (ESI)

Most Popular

To Top