Kapolres : Jangan Berikan Peluang Kepada Pelaku Kriminal – Ambon Ekspres
Metro Manise

Kapolres : Jangan Berikan Peluang Kepada Pelaku Kriminal

Menurut dia, untuk aksi pencuriaan dengan menggunkan kekerasan maupun tindakan kriminal lainnya, diharapkan masyarakat lebih waspada. ”Kasus perampasan barang dari pelaku pengendara roda dua hendaknya membuat masyarakat lebih hati-hati dalam menempatkan barang berharga atau bawaan ketika berada ditempat keramaiaan maupun tempat lain yang dianggap rawan,” tuturnya.

Dirinya meminta kepada pengguna kendaraan roda untuk tidak menggunakan telepon genggam alias HP pada saat berkendara dan juga harus memastikan keamanan saat memarkirkan kendaraan. ‘’Saya harap masyarakat tidak menggunakan HP dalam berkendara. Saat parkir, harus dapat memastikan kemanan dengan memberikan kunci pengamanan,” bebernya.

Komaruz juga meminta partisipasi masyarakat untuk memberikan informasi ketika mengetahui identitas para pelaku yang hendak melakukan kejahatan. ”Saya menghimbau kepada masyarakat yang mengetahui ciri pelaku, jenis kendraan agar menyampaiakn kepada pihak kepolisiaan agar secepatnya ditindak lanjuti,” harapanya.
PENCEGAHAN

Sementara itu, dalam upaya pencegahan kejahatan di tempat umum, dia mengaku, pihaknya meningkatkan patroli pengamanan. Patroli ini lebih difokuskan pada tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi dan kesempatan bagi pelaku begal maupun jambret melakukan aksinya. ‘’Selain dilakukan patroli, diwilayah-wilayah yang dianggap rawan juga kita monitor. Ini agar para pelaku tidak bisa leluasa melakukan aksi mereka.

‘’Ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya untuk dapat meminimalisir aksi pencurian dengan kekerasan maupun aksi kriminal lainnya,” terangnya.

Dikatakan, selain personil Polres Ambon, pihaknya juga melibatkan semua personil di polsek jajaran. Keseluruhan personil itu disiapkan untuk memantau tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi terjadi aksi kriminal. “Langkah kita dalam menyikapi ini kita intens melaksakan patroli baik oleh anggota Polres maupun anggota Polsek jajaran. Sasarannya di tempat-tempat yang kita anggap rawan sehingga masyarakat juga bisa merasa aman ketika berada tempat-tempat itu,” jelas dia.

Komaruz menambahkan, pihaknya juga memonitor seluruh tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi, baik itu jambret, copet mapun kejahatan lainnya. ”Unsur intelejen kita juga sudah berada dilapangan untuk memantau wilayah-wilayah yang menjadi titik kerawanan aksi pelaku,” pungkas dia.(ERM)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!