Air Kencing Hasilkan Tenaga Listrik – Ambon Ekspres
Coffe Break

Air Kencing Hasilkan Tenaga Listrik

Sebuah hal baru yang mungkin saja dilakukan dengan memanfaatkan air kencing untuk dijadikan sumber tenaga listrik. Teknologi listrik urin ini dikembangkan oleh Universitas of the West of England (UWE) yang bekerja sama dengan Oxfam.

Listrik dari urin pun kini dapat digunakan untuk menerangi kabin yang gelap dan berbahaya,bahkan bisa juga untuk memberikanpencahayaan listrik di wilayah bencana.Caranya, Urin yang ada, dikumpulkan, dalamkotak mirobial fuel cell (MFC) yang kemudian dapat mengubah listrik dalam jumlah yang cukup besar dengan cara melalui energi boikimia.

Harga untuk saru sel energi sekitar USD1,5 dan USD700 untuk satu unit bangunan. Profesor Loannis Leropoulos, Direktur Bristol BioEnergy Centre memimpin sebuah riset dengan mengatakan bahwa metode ini bisa bekerja dengan baik dan berhasil dibuktikan oleh timnya. Dikutip Daily Mail, Sabtu (6/3), Leropoulos, mengatakan, “Proyek dengan Oxfam ini akan memberikan dampak yang cukup besar bagi para pengungsi wilayah bencana.

Sel energi mikrobial bekerja dengan memanfaatkan mikroba hidup yang berada di urin. Mereka hidup dan berkembang di situ. Di sini maka akan diubah menjadi listrik. Kami menyebutnya listik urin atau tenaga urin.”

Pemanfaatan urin dipercaya oleh Leropoulos dapat menghilangkan ketergantungan manusia dengan energi fosil. Bahkan, dibanding dengan energi fosil, energi dari urin ini jauh lebih ramah lingkungan. (is)

Most Popular

To Top