Bursel Jadikan Hotong Tanaman Unggulan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bursel Jadikan Hotong Tanaman Unggulan

Kabupaten Buru Selatan (Bursel) saat ini mulai terkenal dengan tanaman hotong. Tanaman ini sebelumnya adalah pangan lokal kabanyakan masyarakat disana.

Untuk menjadi Bursel sebagai daerah yang memiliki ketahanan pangan yang kuat, Pemkab Bursel melalui kepemimpinan Bupati Tagob Soedarsono Soulissa mulai melirik tanaman ini.

Bahkan Pemkab melalui Dinas Pertanian  telah berusaha mengembangkan tanaman Hotong. Daerah-daerah potensial mengembangkan hotong, pemerintah menurunkan sejumlah bantuan. Dan tahun 2013 lalu berhasil dilakukan panen raya.

Tanaman ini dikembangkan dihampir semua kecamatan. Dan sekarang Hotong sudah menjadi salah satu komoditi unggulan kabupaten berjuluk lolik lalen fedak fena ini.

“Pemerintah sudah beberapa tahun ini mengembangkan tanaman Hotong. Dan ini dilakukan terus tiap tahun, karena tanaman ini merupakan komoditi unggulan dari Kabupaten Bursel,” ujar Bupati Bursel Tagop Soedarsono seperti pernah dilanir sebelumnya.

Tanaman Hotong selain memiliki manfaat sebagai sumber karbohidrat juga tidak kalah dengan tanaman lain, seperti padi (beras). Bahkan, tanaman ini juga memiliki kadar protein yang sangat tinggi.

Walaupun pengembangannya belum terlalu banyak. Namun pemerintah akan terus mengembangkannya dengan mendorong masyarakat menanam tanam ini. Pemerintah tidak menutup mata terkait dengan pengembangan tanaman Hotong, dimana sejumlah bantuan telah dikucurkan untuk sejumlah kelompok tani guna mengambangkan tanaman ini. (ESI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!