Pasukan Kurdi: ISIS Pakai Bom Klorin – Ambon Ekspres
Internasional

Pasukan Kurdi: ISIS Pakai Bom Klorin

BAGHDAD, AE.—Pasukan Kurdi di Irak (Peshmerga) mengumumkan kelompok militan ISIS menggunakan bom kimia berbahaya dalam perang melawan tentara koalisi.

Pasukan Peshmerga menemukan bukti jika ISIS menggunakan 20 bom berisi gas klorin ketika terjadi bom bunuh di sepanjang Januari 2015. Bom beracun tersebut sering digunakan ISIS di wilayah Mosul dan dekat dengan perbatasan Suriah.

Seperti dilansir Daily Mail, Minggu (15/3/2015), Pasukan Peshmerga memperlihatkan video ketika sebuah bom meledak di wilayah sekitar Kota Mosul, Irak. Setelah bom meledak keluarlah asap bewarna kuning dan berbahaya bagi kesehatan manusia.

Bom tersebut mengandung klorin. Selain menimbulkan bahaya ledakan, klorin dapat menimbulkan pusing, perut mual, dan muntah-muntah.

Belum ada tanggapan resmi dari pihak ISIS atas penggunaan bom ini. Kelompok militan tersebut kini semakin terdesak posisinya setelah Tentara Irak melakukan operasi militer besar-besaran untuk merebut Kota Tikirit. Namun, ISIS masih menguasai wilayah yang membentang luas dari Irak Utara hingga ke Suriah. (OZ)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!