United Terpuruk – Ambon Ekspres
Olahraga

United Terpuruk

Louis van Gaal diyakini mencoba untuk adopsi gaya bermain Barcelona ke dalam skema permainan Manchester United. Bagi mantan gelandang Setan Merah, Paul Scholes, sang pelatih terlalu memaksakan taktik yang diinginkannya padahal ia tidak mempunyai pemain dengan kualitas mumpuni.

Sejak resmi mengambil alih kursi kepelatihan United musim panas ini, mantan arsitek Timnas Belanda sekaligus membawa perubahan besar dalam skema permainan United. Van Gaal langsung mengubah formasi pasukannya menjadi 3-5-2.

Perubahan tersebut nyatanya tak berjalan mulus, mengingat di beberapa pertandingan awal musim United kerap mendapat hasil minor. Hal tersebut diyakini akibat proses transisi yang terbilang sangat cepat dan belum cocok dengan para pemain.

Taktik yang diterapkan dimaksudkan agar The Red Devils dapat memiliki penguasaan bola yang dominan, seperti Barca. Namun hal itu dinilai tak cocok, mengingat United tidak memiliki kualitas pemain-pemain layaknya Blaugrana.

“Dalam beberapa pekan terakhir, saya melihat Van Gaal mencoba menerapkan gaya permainan Barca dalam tim ini (United). Bek tengah bermain melebar dan bek sayap rajin menekan ke depan, untuk menyuplai umpan,” papar Scholes kepada London Evening Standard, Jumat (13/3/2015).

“Untuk bermain dengan gaya seperti ini, sebuah tim harus benar-benar memiliki komposisi pemain yang luar biasa. Barca bisa lancar menerapkan taktik itu, karena punya pemain dengan kualitas yang dibutuhkan. Sedangkan, United sudah menghabiskan 220 juta pounds dalam tiga jendela transfer terakhir, tapi saya ragu mereka takkan punya pemain yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem tersebut,” tutupnya. (FAP)

Most Popular

To Top