Karnaval Budaya, Melestarikan Budaya Lokal – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Karnaval Budaya, Melestarikan Budaya Lokal

KEANEKARAGAMAN budaya merupakan warisan yang harus terus dilestarikan, terutama oleh kaum-kaum muda sebagai harapan bangsa.

Karnaval Budaya Multi Etnik, yang digelar Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Ambon, merupakan sebuah ajang yang patut diapresiasi karena melestarikan budaya lokal. Dan melalui acara  yang rutin digelar setiap tahun, seharunya masyarakat Maluku berbangga diri dengan beragamnya budaya yang ada di daerah ini.

“Karnaval Budaya Multi Etnik merupakan miniatur keragaman dari kekayaan seni dan budaya Maluku. Event ini merupakan karya kreatif dalam bentuk pawai seni dan budaya yang menggambarkan kekayaan budaya se-Nusantara karena melibatkan semua provinsi di Indonesia.

Di sinilah waktu dan tempat paling tepat untuk menyaksikan representasi kekayaan budaya lokal di tingkat nasional yang digarap dan dikemas oleh seniman kreatif berpengalaman,”akui pemerhati pariwisata, Yusuf Arsad di Ambon,kemarin.

Harapan terbesar dari Karnaval Budaya Multi Etnik sambung Arsad, dapat menumbuhkan rasa bangga terhadap anak-anak muda Maluku, dan mau menyerap budaya-budaya lokal.

Sebelumnya, Kepala BPNB Ambon, Stevanus Tiwery mengatakan, Karnaval Budaya Multi Etnik  untuk mengakomodir keterwakilan etnis nusantara yang telah lama berada di Kota Ambon. Ambon memang tercatat dalam sejarah oleh DE Kanap, sejarahwan Belanda bahwa Kota Ambon sejak dahulu kala sudah menjadi tujuan para migran nusantara.

Sehingga kini  masyarakat bisa temukan adanya kampung Bugis, Jawa, Babar dan lainya.
“Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan kehadiran mereka untuk pembangunan kebudayaan di Daerah Maluku,”ajak Tiwery. (IWU)

Most Popular

To Top