Walikota Akan Bicara Pelayanan Publik Dalam Seminar Nasional – Ambon Ekspres
Amboina

Walikota Akan Bicara Pelayanan Publik Dalam Seminar Nasional

AMBON, AE.—Walikota  Ambon, Richard Louhanepessy dipercayakan mengisi materi seminar nasional yang  diselenggarakan Yayasan Indonesia Lebih Baik (YILB) bekerjasama dengan Dakwah Dimensi Indonesia  (DDI) dan  Penerbit Kompas Gramedia Indonesia (PKGI).  Kegiatan tersebut nantinya akan dihadiri 250 peserta  diantaranya  dari kementerian  dan  lembaga   pemerintah pusat/daerah,  akademisi  serta lembaga pemerhati. Acara tersebut berlangsung dengan tema “Wujud Good Government Diberbagai Daerah di Indonesia,”. Seminar tersebut akan berlangsung di Kantor KemenPAN-RB di Jakarta.

Kabag Humas dan Protokol Kota Ambon, Joy Adrianza kepada wartawan di ruang Media Center Pemkot Ambon mengatakan, Menteri  Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi,  Yuddy Chrisnandi telah memberikan rekomendasi kepada YILB agar Walikota Ambon juga dihadirkan guna memberikan materi tentang fungsi pelayanan publik sesuai yang dicanangkan Pemkot Ambon. Oleh karena itu, tujuan utama adalah mengupas lebih jauh tentang rekonstruksi Indonesia ke sebuah perjalanan menuju pemerintahan yang baik.

“Di era  kepemimpinan mantan Presiden SBY namanya unit kerja kepresidenan bidang pengendalian  pembangunan. Ssetelah  berpindah di birokrasi pemerintahan  Presiden  Joko Widodo, namanya menjadi YILB,’’ ungkap Adrianz.

Dikatakan, seminar tersebut bertujuan untuk memberikan kontribusi positif menyangkut tata kelola pememerintahan. Kemudian memperbaiki tata kelola pemerintahan baik di pusat maupun didaerah serta untuk membangun komunitas good government  di Indonesia.

Yang dimaksud  dengan good government disini, lanjut dia, adalah mencerminkan pemerintahan yang tidak statis. Artinya sistem pemerintahan yang dinamis yang diselaraskan dengan kepentingan publik. Katanya kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan diera pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M Yusuf Kalla.
Selain Walikota Ambon, lanjut dia, pejabat daerah dari Indonesia bagian timur yang terpilah adalah Bupati Fak-Fak Barat, Grenigo L.

“Jadi untuk seminar ini dua pejabat  daerah dari Indonesia bagian timur yang dipilih mengisi materi yakni Bupati Fak-Fak Barat, Grenigo L dan Walikota Ambon Richard Louhanepessy,” katanya.

Dikatakan, orang nomor satu dilingkup Pemkot Ambon ini diundang berdasarkan pertimbangan tahun ini telah mencanangkan sebagai tahun pelayanan publik dan telah dicanangkan Menpan-RB beberapa bulan lalu.

“Walikota Ambon akan menyampaikan materi yakni bagaimana tata pengelolaan terhadap pelayanan badan  perizinan lewat satu pintu, implementasi tentang pembentukan PPID, penerapan open batjeting atau keterbukaan informasi anggaran dan open school terkait dengan penerimaan siswa secara online di Pemkot Ambon,” pungkas dia. (AID)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!