Damkar Siapkan Rp 400 juta Beli Pompa Air – Ambon Ekspres
Amboina

Damkar Siapkan Rp 400 juta Beli Pompa Air

AMBON, AE.—Dua buah pompa  air  yang disumbangkan Pemprov Maluku tahun 2003 untuk  kantor  Pemadam  Kebakaran (Damkar) Kota Ambon saat ini sering mengalami gangguan. Pompa air itu sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Olehnya itu, Damkar Kota Ambon harus menyiapkan anggaran sebesar Rp 400 juta guna  membeli  pompa air tersebut dari luar negeri. Demikian disampaikan Kepala  Damkar  Kota Ambon, Edwin P kepada Ambon Ekspres diruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan, Pemkot Ambon tidak bisa memaksakan dua pompa air tersebut untuk dipergunakan membantu masyarakat. Mengingat dua pompa air tersebut mengalami gangguan pada pergelangan sambungan pipa. Untuk itu diupayakan ada pergantian namun membutuhkan anggaran yang cukup membeli barang tersebut dari luar negeri.

“Sudah berapa kali diganti pergelangan sambungan pipa  namun tidak menahan  ketika  tekanan air  terlalu kuat. Akibatnya sambungan pipa sering terlepas. Hal ini yang bisa  membuat petugas kita kewalahan di lapangan,” tambah dia.

Menurut dia, pengadaan  mobil pemadam untuk  Pemkot Ambon baru berjumlah  satu  unit. Padahal kebutuhan juga lebih dari itu. “Kami masih terkendala pada anggaran. Sebab harga satu unit pompa air hingga ratusan juta. Kendala itu  yang masih kita pikirkan. Sebab pompa air buatan dalam negeri  tidak  tahan  hingga perlu membeli  dari luar negeri,” kata dia.

Edwin optimis tahun ini pihaknya  segera membeli pompa air asli hasil buatan luar negeri untuk dipasang di mobil damkar. “Anggaran sudah disiapkan dan cukup untuk pengadaan fasilitas kebakaran tersebut. Saat ini tinggal dikirim saja pompa air tersebut sehingga bisa mengatasi persoalan kebakaran di Kota Ambon,” pungkasnya.(AID)

Most Popular

To Top