Distakot Bangun Saluran Sanitasi – Ambon Ekspres
Amboina

Distakot Bangun Saluran Sanitasi

Setelah sukses menjadikan Desa Nania, Kecamatan Baguala sebagai lokasi pencotohan pembangunan sanitasi komunal beberapa waklu lalu, kini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana membangun sanitasi komunal yang sama pada lima lokasi di Kota Ambon. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tata Kota Ambon, Deny Lilipory, Rabu (18/3).

Lima lokasi tersebut, kata Lilipory, diantaranya, lokasi pengungsi Batu Gajah (Negeri Halong), Kapaha (Kelurahan Pandan Kasturi), Air Besar Passo, Batu Merah dan Pengungsi Batu Merah di Kayu Tiga.
Pembangunan sanitasi komunaltersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem limbah rumah tangga yang baik, agar dapat menghasilkan pola hidup bersih di kalangan masyarakat Kota Ambon.

“Sesuai rencana, masing-masing lokasi akan dibangun kurang lebih 200 sampai 300 saluran sanitasi bagi masyarakat yang ada pada lokasi-lokasi tersebut,” katanya.
Menurut dia, pembangunan sanitasi komunal tersebut atas bantuan dari Australian Agency for International Development (AUS-AID) dan Bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK ) Pemerintah Kota Ambon.

“Pembangunan sanitasi komunal yang dilaksanakan ini merupakan program hibah dari Team Leader Sanitation Ausralia Indonesian Infrastructure Grant (SAIING) Australian AID kepada 43 Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Dia mengakui, setelah sukses melakukan pembangunan sanitasi komunal di Desa Nania, AUS AID meminta dua lokasi lagi yang akan dibangun sanitasi komunal. Tapi Pemkot Ambon telah menyediakan lima lokasi. (PRO2)

Most Popular

To Top