Dokter Kecil Jadi Pelopor hidup Sehat – Ambon Ekspres
Pendidikan

Dokter Kecil Jadi Pelopor hidup Sehat

Program dokter kecil yang dilaksanakan di sekolah harus menjadi pelopor hidup sehat di tengah masyarakat, terutama di sekolah. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Kota Ambon, M. Th. Lokollo, pada Pelatihan Dokter Cilik Gabungan yang diselenggarakan Sekolah Dasar (SD) Inpres 19 Ambon, SD Negeri 30 Ambon, SD Negeri 68 Ambon dan SD Negeri 69 Ambon, Rabu (18/3).

“Peran dokter kecil sangat penting di sekolah. Mereka akan menjadi contoh kehidupan yang sehat dan bersih bagi teman-temannya, keluarga maupun lingkungan sekitarnya,” kata Lokollo.

Untuk itu, dia berharap, program dokter kecil ditingkatkan pada sekolah, karena dokter kecil membiasakan anak hidup sehat sejak dini. Apalagi, katanya, SD sering diserbu oleh penjual jajanan kecil yang tidak sehat.“Disini anak akan dilatih dan diajar mengenai hidup sehat. Salah satunya menghindari jajanan yang tidak sehat bagi anak,” ungkapnya.

Pelatihan dokter cilik yang rencananya dilakukan dua hari, 18 dan 19 Maret dan dihadiri Kepala Bidang Dikdas Dikpora Kota Ambon, M. Th. Lokollo, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Sin Salma, Kepal Puskesmas Waehaong, dr. Adriyati Arif, serta keempat kepala SD tersebut.

Menurut Ketua Panitia yang juga Kepala SD Negeri 68 Ambon, Aziz Tidore, pelaksanaan pelatihan sebagai bentuk implementasi Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang tidak bisa dilepaspisahkan dari delapan standar nasional pendidikan (SNP).

‘’Pelatihan melibatkan empat SD melalui seleksi ketat bagi calon peserta pelatihan dokter kecil, diantaranya memenuhi persyaratan, harus pintar, cerdas, sehat dan mampu,’’ tandasnya. Peserta pelatihan berjumlah 65 murid, terdiri dari 16 peserta dari SD Inpres 19 Ambon, 16 dari SD Negeri 30 Ambon, 15 dari SD Negeri 68 Ambon dan 18 dari SD Negeri 69 Ambon. Peserta rata-rata merupakan murid kelas IV, V dan VI. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!