Gubernur: Gemar Membaca Jadi Perhatian Pemerintah – Ambon Ekspres
Pendidikan

Gubernur: Gemar Membaca Jadi Perhatian Pemerintah

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Maluku, kemarin, melaksanakan rapat koordinasi (rakor) pengembangan perpustakaan dan arsip Provinsi Maluku tahun 2015, yang diikuti oleh 11 kabupaten/kota, dengan tema ”Optimalisasi Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan Menuju Maluku Cerdas melalui Pemberdayaan Kegemaran Membaca”.

Gubernur Maluku dalam sambutannya, yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kesejahteraan Masyarakat dan SDM, Ir Abraham Tomasoa, mengatakan Gubernur Maluku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Perpustakaan ini, dimana masyarakat Maluku sudah mulai gemar membaca. Karena menurutnya, menciptakan SDM yang mandiri dan cerdas semuanya itu melalui membaca, hingga sangat diinginkan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi menggairahkan gemar membaca sebagai bagian yang tidak terpisahkan, dari organisasi perpustakaan yang ada di Maluku.

Lebih lanjut, dimintakan kiranya para narasumber dapat membagi ilmu pengetahuan kepada 11 peserta dari seluruh kabupaten/kota agar terjalin kerjasama antara Pusat, Provinsi dan kabupaten/kota. Dan kiranya nanti dari rakor ini dapat tersusun program kerja yang dapat melihat gugusan pulau, selain itu juga layanan murah sangat diperlukan terutama para generasi muda agar mereka dapat menjangkaunya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Ny. Agustina Tuhumena, mengatakan rakor ini dilakukan untuk mengkoordinasikan serta memadukan perencanaan dan program kegiatan ditingkat provinsi sampai ke kabupaten/kota, hingga dapat merumuskan berbagai konsep kebijakan dibidang perpustakaan dan kearsipan.

‘’Semuanya itu bertujuan menyatukan pola pikir dan langkah-langkah kebijakan perpustakaan dan kearsipan Provinsi Maluku demi pengembangan yang lebih baik kedepan. Karena itu, hasil yang diharapkan yaitu meningkatkan pembinaan layanan perpustakaan dan arsip, evaluasi program tahun 2014, dan menentukan program tahun 2015,’’ tandasnya. Kegiatan ini diikuti 35 peserta dari seluruh kabupaten/kota di Maluku.

Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Femmy Sahetapy, mengatakan dibuatnya Gerakan Maluku Gemar Membaca (GMGM) dampaknya sangat positif untuk seluruh masyarakat Maluku. Sesuai pantauan dari perpustakaan dan kerasipan, mulai terlihat peningkatan jumlah kunjungan dan  peningkatan minat baca terutama mahasiswa. ‘’Untuk siswa memang masih belum terlihat karena butuh bantuan pendampingan dari orangtua,’’ katanya.

Sampai hari ini (kemarin), katanya, sesuai pendataan Perpustakaan Provinsi, pengunjung perhari berkisar 100-200 orang. Sedangkan buku yang tersedia sekira 5.000-7.000 buku yang dijatahi lewat APBD setiap tahun. “Dengan begitu, dari rakor ini, saya harapkan ada perhatian serius dari kabupaten/kota, menyangkut kelengkapam gedung perpustakaan yang memadai, hingga buku bacaan ditata rapi agar dapat dibaca oleh para pengunjung,” tandasnya. (PRO1)

Most Popular

To Top