Masyarakat Diajak Perangi Begal – Ambon Ekspres
Metro Manise

Masyarakat Diajak Perangi Begal

AMBON, AE— Aksi pencurian dan perampasan terhadap kendaraan atau barang milik pengendara dengan sebutan begal itu, masih marak di Kota Ambon. Aparat kepolisian dan TNI juga masih terus melakukan razia dan meningkatkan patroli guna mencegah terjadinya peristiwa kriminal itu.

Tindakan kekerasan ini membuat masyarakat takut. Terutama bagi kaum hawa yang menjadi korban atas aksi tersebut. Kondisi ini juga menjadi keprihatinan Dandim 1504/Pulau Ambon, Letkol Inf Indramawan.

Dia mengajak masyarakat bersama aparat keamanan memerangi tindakan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok maupun individu tersebut. “Kami juga sangat prihatin dengan tindakan itu. Untuk itulah saya mengajak dan meminta kepada seluruh masyarakat agar memerangi segala macam tindakan yang mengganggu situasi keamanan dilingkungan sekitar kita, termasuk aksi begal ini,” kata dia kepada wartawan diruang kerjanya.

Menurut dia, keamanan masyarakat bukan hanya tugas dan tanggungjawab aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri. Namun kondisi keamanan itu merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat. ‘’Ini tanggungjawab kita semua sehingga jika kita bersatu untuk melakukan perlawanan maka tidak mungkin akan ada tindakan yang mengganggu keamanan dan ketertiban kita,” ujarnya.

Terlebih, soal aksi pembegalan yang terjadi, lanjut mantan Danyon 734/Satria Nusa Samudera itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna melakukan patroli secara intens demi menjaga situasi keamanan yang ada. “Sejak informasi adanya tindakan itu, maka saya selalu berkordinasi dengan rekan-rekan kepolisian untuk membasmi apapun bentuk kejahatan yang mengganggu kondisi keamanan masyarakat. Itu tugas kami (TNI, red) sebagaimana diatur dalam undang-undang untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga keamanan,” terangnya.

Bukan itu saja, lanjut dia, patroli TNI dan Polri juga ditingkatkan. “Itu sudah tanggungjawab kami sehingga tidak ada alasan untuk mengganggu keamanan negara ini. Termasuk aksi pembegalan itu,” tegasnya.
(AHA)

Most Popular

To Top