Meriam London Tersingkir – Ambon Ekspres
Olahraga

Meriam London Tersingkir

AS Monaco kedatangan Arsenal dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stade Louis II, Rabu (18/3) dini hari WIB. Tampil menekan sejak menit awal, The Gunners mengakhiri laga dengan kemenangan 2-0.

Meski sukses memenangi pertandingan, tim asuhan Arsene Wenger itu tetap gagal melaju ke babak perempatfinal usai kalah agresivitas gol tandang. Untuk Monaco, ini adalah kali pertama mereka lolos ke delapan besar setelah terakhir pada musim 2003-2004.
Jalannya Pertandingan

Babak pertama baru berusia 13 menit, Arsenal memiliki kesempatan untuk unggul dari tim tuan rumah melalui sundulan Oliver Giroud. Memanfaatkan umpan silang dari Santi Cazorla, pemain asal Prancis itu menyambutnya dengan sebuah tandukan. Sayang usahanya belum menemui sasaran.

Sembilan menit berselang, kini giliran pemain bertahan Arsenal Laurent Koscielny yang menebar ancaman untuk lini pertahanan Monaco. Berawal dari tendangan bebas Alexis Sanchez, bek Timnas Prancis itu menyambutnya dengan sebuah sepakan di mulut gawang tim tuan rumah. Namun, tembakannya justru melayang di atas gawang Subasic.

Pada menit ke- 26, Monaco yang sedari tadi tampil di bawah tekanan mencoba untuk keluar menyerang. Alhasil, satu peluang emas mampu diraih tim tuan rumah melalui Dimitar Berbatov. Eks penyerang Manchester United itu yang mendapatkan umpan terobosan dari Joao Moutinho, dan langsung merangsek masuk ke pertahan Arsenal. Tapi, barisan belakang tim tamu mampu memotong pergerakannya.

Giroud! Arsenal membuka keunggulan untuk tim tamu di menit ke- 34. Pemain 28 tahun itu sukses mengacak-acak lini belakang Monaco, kemudian menyudahi aksinya dengan sebuah sontekan terarah ke gawang Monaco. Meski sempat ditahan oleh Subasic, bola rebound justru kembali ke kaki Giroud. Tanpa ampun ia memasukan bola ke dalam gawang Monaco. Monaco 0-1 Arsenal.

Di penghujung laga, Giroud nyaris menambah keunggulan Arsenal. Memanfaatkan umpan datar dari Danny Welbeck, Giroud menyambutnya dengan sebuah sepakan first time. Tetapi, Subasic masih mampu menahan bola hasil sepakannya tersebut.

Dua menit babak kedua dimulai, Arsenal langsung menggebrak lini pertahanan Monaco melalui aksi dari Sanchez. Pemain asal Cile itu sukses melewati dua pemain bertahan tim tuan rumah sebelum akhirnya memberikan umpan kepada Giroud. Namun, operan tersebut masih mampu dipotong bek Monaco.

Jarak 10 menit, Arsenal kembali mendapatkan peluang emas untuk membobol gawang Monaco. Kali ini hadir melalui sepakan keras Mesut Ozil dari luar kotak penalti. Beruntung, Subasic dengan cekatan menepis bola keluar lapangan dan hanya menghasilkan tendangan sudut untuk Arsenal.

Di menit ke- 62, Arsenal yang mengurung pertahanan Monaco kembali menebar ancaman. Sepakan keras Sanchez yang menerima operan dari Aaron Ramsey meluncur deras ke gawang Monaco. Sayang sepakannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Subasic.

Memasuki 20 menit jelang laga usai, Monaco yang mengandalkan serangan balik beberapa kali mengancam barisan pertahanan Arsenal melalui aksi dari Yannick Carrascao. Pemain asal Belgia itu yang menerima umpan terobosan dari Moutinho, menyambutnya dengan sebuah sepakan terarah ke gawang tim tamu. Namun, Ospina dengan baik masih mampu membaca arah bola.

Pada menit ke- 78, Ramsey kembali menambah keunggulan Arsenal menjadi 2-0 atas Monaco. Sepakan mendatar kerasnya dari dalam kotak penalti meluncur deras ke dalam gawang tim tuan rumah yang tak mampu diantisipasi Subasic.

Subasic! Melakukan penyelamatan gemilang untuk mengkandaskan peluang emas Arsenal melalui aksi dari Giroud di menit ke- 84. Memanfaatkan umpan lambung dari Ozil, Giroud menyambutnya dengan sebuah tandukan jarak dekat di mulut gawang Monaco. Namun, Subasic masih mampu mengamankan gawangnya.

Hingga peluit panjang ditiupkan sang pengadil lapangan bertanda usainya pertandingan, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta dari kedua tim. Tim tuan rumah, Monaco harus mengakui keunggulan tamunya, Arsenal dengan skor akhir 0-2. (FMH)

Most Popular

To Top