Pensiunan AU AS Berupaya Gabung ke ISIS – Ambon Ekspres
Internasional

Pensiunan AU AS Berupaya Gabung ke ISIS

NEW YORK, AE.—Seorang pensiunan Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) telah dituduh berusaha terbang ke Suriah untuk bergabung dengan militan ISIS.

Seperti dilansir BBC, Rabu (18/3/2015), Dewan Juri Federal di Kota New York, AS, mendakwa Tairod Nathan Webster Pugh (47) karena berupaya terbang ke Suriah untuk memberikan dukungan material kepada kelompok militan ISIS.

Menurut keterangan Jaksa penuntut di Pengadilan New York, Pugh merupakan seorang spesialis sistem instrument aviasi di AU AS. Setelah pensiun dari AU, ia melakukan pekerjaan yang sama untuk beberapa perusahaan di AS dan Mesir.

Pada Januari 2015, Pugh diduga berupaya bergabung dengan ISIS saat melakukan perjalanan dari Mesir menuju Turki untuk menyeberang ke perbatasan Suriah.

Pada saat kedatangannya di bandara Istanbul, Turki, pihak otoritas keamanan bandara menemukan Pugh membawa beberapa alat elektronik berupa telefon genggam dan laptop.

“Kami memeriksa telefon genggamnya dan menemukan sebuah foto senapan mesin. Di dalam laptopnya juga terdapat beberapa laman internet tentang daerah-daerah perbatasan yang dikuasai ISIS,” ujar otoritas keamanan bandara Turki.

“Kami juga menemukan sebuah surat yang ditujukan untuk istri Pugh dalam laptop itu. Isi surat itu menunjukkan bahwa ia berharap dapat membangun dan mempertahankan ISIS,” lanjutnya. (OZ)

Most Popular

To Top