Presiden Termiskin Dunia Hadiri Pelantikan Pakai VW Butut – Ambon Ekspres
Coffe Break

Presiden Termiskin Dunia Hadiri Pelantikan Pakai VW Butut

Ada yang unik saat Presiden Uruguay lama Jose Mujica menghadiri pelantikan Presiden Uruguay yang baru, Tabare Vazquez, pada hari Minggu kemarin.
Mujica yang menyandang julukan sebagai presiden paling miskin di dunia, datang ke lokasi mengendarai mobil tua, Volkswagen Beetle tahun 1987 warna biru langit.

VW milik Mujica yang ditaksir US$ 1.800 (Rp 24 juta) membuat heboh dunia. Ini karena menjadi satu-satunya aset berharga yang dilaporkan mantan kombatan tersebut kepada negara.

Di tahun-tahun selanjutnya, Mujica menambahkan aset istrinya berupa mesin traktor dan sebidang tanah dalam daftar kekayaannya.

Selama menjabat presiden, Mujica dan istrinya tinggal di peternakan sederhana mereka di luar ibu kota Uruguay, Montevideo.

Tahun lalu, Mujica mengatakan seorang sheikh Arab menawarkan US$ 1 juta (Rp 13 miliar) untuk mobil VW kesayangannya. Saat itu, Mujica mengatakan ia tidak akan menjual mobilnya itu.
Menariknya, saat upacara pelantikan dan pelepasan presiden dan mantan presiden itu, baik Vazquez dan Mujica seperti hendak pamer mobil tua mereka.

Jika Mujica memiliki VW ‘Kodok’, sang suksesor memakai mobil Fordson. Namun, mobil Vazquez menjadi perdebatan di media Uruguay.

Beberapa melaporkan bahwa mobil itu sudah dimiliki Vazquez ketika dia masih menjadi seorang dokter muda.
Ada juga yang menyebut teman-teman Vazquez telah menjelajahi seluruh negeri untuk mencari mobil tua. Mereka kemudian memperbaikinya dan memberikannya sebagai hadiah pada hari pelantikannya.

Sementara surat kabar lainnya mengatakan Vazquez telah membeli mobil itu untuk dirinya sendiri pada tahun lalu. Setelah diperbaiki mobil itu mengingatkannya pada mobil pertama yang ia dimiliki.

Ini adalah kedua kalinya Vazquez menjabat presiden Uruguay dan diarak dengan mobil tua.
Pada pelantikan 2005 silam, Vazquez juga diarak dengan mobil tua Ford Model T yang dibeli keluarga istrinya pada 1920an. (DrC)

Most Popular

To Top