Satgas Yonarmed 13 Amankan 3 Pucuk Senpi – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Satgas Yonarmed 13 Amankan 3 Pucuk Senpi

AMBON, AE—Satgas  Pam  Rahwan  Yonarmed  13  Nanggala  Kostrad  mengamankan  tiga pucuk senjata api (senpi) dari tangan warga di Desa Aira, Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) akhir bulan lalu. Senpi yang diamankan itu merupakan milik warga yang sering dipakai untuk berburu di hutan.

“Belum lama ini  Satgas  Pam  Rahwan  Yonarmed  13  Nanggala  Kostrad, berhasil mengamankan tiga sejata api dari tangan warga,” tutur Dansatgas BKO Yonarmed 13 Nanggala Kostrad Mayor Arm Didik Harmono dalam rilisnya kepada koran ini, kemarin.

Dikatakan, selain senpi, pihaknya juga mengamankan beberapa butir aminisi yang masih aktif. “Senpi yang disita tersebut satu pucuk laras panjang organik jenis karaben dan dua pucuk rakitan laras pendek serta 8 buah munisi caliber 7,62 mm,” jelasnya.

Menurutnya, sebelum diamankan, senpi tersebut digunakan warga untuk berburu di hutan. ”Ini berawal dari informasi bahwa warga di sekitar Pos 8 Aira sering berburu menggunakan senjata api organik. Dan dan setelah ditelusuri dan diberikan pembinaan maka dengan sukarela warga menyerahkan senjata itu,” tukasnya.

Keberhasilan tersebut, kata Didik, merupakan kerja keras dan dedikasi dari seluruh angotanya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab di lapangan. ”Saya kira, ini merupakan keberhasilan yang berawal dari rasa tanggungjawab yang kuat untuk menjaga stabilitas kemamanan bagi masyarakat di Maluku,” ujarnya.

Didik berharap, semua pihak terkait dapat saling bersinerji dalam mensosialisasikan bahaya penggunaan senjata api bagi masyarakat sipil. ”Ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Selain membahayakan orang lain, memegang senpi melanggar undang-undang Darurat tahun 1951,” pungkasnya.(ARI)

Most Popular

To Top