Foto & Video Mujahid Cilik ISIS Makin Marak di Dunia Maya – Ambon Ekspres
Internasional

Foto & Video Mujahid Cilik ISIS Makin Marak di Dunia Maya

JAKARTA, AE.—Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok anak-anak atau mujahid cilik yang dilatih kelompok militan ISIS beredar luas di dunia maya yang menimbulkan reaksi dari masyarakat Indonesia. Namun, ternyata ada lebih banyak lagi video dan foto-foto yang memperlihatkan bocah-bocah yang memanggul senjata karena didikan dari ISIS.

Ibu dari anak-anak yang tinggal di bawah pemerintahan kelompok militan ISIS di Suriah ternyata sering mengambil foto anak-anak mereka dengan senjata dan pose-pose yang sering ditunjukkan oleh para militan di media sosial.
Daily Mail melaporkan pada Kamis (19/3/2015), foto-foto ini biasanya diberi judul seperti Generasi Khilafah, atau Teroris Kecil, menunjukkan anak-anak berusia di bawah sepuluh tahun dipaksa mengikuti ajaran orangtua mereka yang telah dipengaruhi paham ekstremisme ISIS.

Sebuah foto menunjukkan sebuah senapan mesin ringan yang diletakkan di samping seorang bayi yang tertidur di ranjang. Foto lainnya menunjukkan seorang bocah perempuan yang tampaknya berusia di bawah lima tahun berpose mengenakan penutup wajah dan peralatan perang sambil menyandang senjata AK-47, dan berpose layaknya seorang militan ISIS.

Video-video serupa juga marak beredar. Setelah pekan lalu muncul video yang memperlihatkan eksekusi pemuda yang diduga sebagai mata-mata Israel oleh seorang bocah anggota ISIS, muncul juga video yang menayangkan aksi bocah lain dengan pakaian serba hitam sedang menjalani latihan dari para militan.

Maraknya berbagai eksploitasi anak-anak oleh para pendukung ISIS seperti ingin menunjukkan bahwa ada generasi selanjutnya dari para militan ini. Hal lain yang menimbulkan kekhawatiran adalah semakin banyak remaja yang meninggalkan orangtua mereka untuk pergi bergabung dengan ISIS. (OZ)

Most Popular

To Top