Jelang Pra PON, Asprov Panggil 20 Pemain Futsal – Ambon Ekspres
Olahraga

Jelang Pra PON, Asprov Panggil 20 Pemain Futsal

Soplanit : Harus Dapat Tiket PON

AMBON, AE.—Sebanyak 20 pemain futsal dipanggil oleh Asprov (Asosiasi Provinsi) PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia)  Maluku untuk melakoni seleksi sebagai persiapan menghadapi babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan berlangsung dalam tahun ini.

Asisten Manager tim Futsal Maluku, Jopi Papilaya menjelaskan, sekarang ini, kami sudah memiliki 20 pemain yang bakal memperkuat tim Maluku di  babak kualifikasi PON nanti.Mereka dipanggil oleh oleh Asprov untuk menjalani seleksi yang akan berlangsung dalam waktu dekat, sebab yang dijaring hanya 12 pemain.

’’ Para pemain yang dipanggil  akan melakoni seleksi selama beberapa minggu sebelum mengikuti event nasional tersebut,’’ ungkap Papilaya kepada Ambon Ekspres di Ambon, kemarin.

Dijelaskan, pemain yang ikut seleksi ini adalah pemain yang mempunyai kemampuan. Mereka akan dinilai oleh tim pelatih yang diketuai oleh Sinatra Wijaya.’’ Selama menjalani seleksi, pihaknya akan memberlakukan sistem promosi dan degradasi (promdeg) hingga nantinya terpilih 12 pemain yang akan diberangkatkan pada Pra PON nanti,’’ terangnya.

Pemain yang dipanggil, kata dia, berasal dari Kota Ambon dan Maluku Tengah.Pemain yang lolos seleksi merupakan proyeksi Tim Futsal  PON Maluku.’’ Kami mempunyai waktu beberapa bulan kedepan untuk menyiapkan tim inti,’’ jelasnya.

Menurut Papilaya, untuk pemain yang tidak lolos seleksi, mereka tetap akan dipanggil jika dibutuhkan.Untuk itu diminta agar jangan berkecil hati bila tidak lolos seleksi.’’ Kami kan gunakan sistem promdeg.Jadi sewaktu – waktu kami akan panggil mereka jika dibutuhkan,’’ tutup Papilaya menutup pembicaraan.

Sementara itu, Ketum Asprov PSSI Maluku, Dick Soplanit menerangkan, pembentukan tim Futsal Pra PON Maluku berdasarkan perintah KONI Maluku.’’ Pembentukan tim ini bukan maunya Asprov atau BFD Maluku, tapi ini perintah KONI Maluku.Hal ini diputuskan dalam rapat  Asprov dengan teman-teman pengurus KONI Maluku beberapa waktu lalu,’’ jelas Soplanit.

Pendiri klub Maluku Putra ini melanjutkan, saat ini, pembentukan tim sementara berproses dan sudah ada 20 pemain futsal hasil pantauan dari Popmal akhir tahun lalu.’’ Untuk tempat pelaksanaan Pra PON sendiri belum di tentukan, tapi rencananya di Papua.Namun, masih ada waktu bagi Maluku untuk mengusulkan tuan rumah,’’ ujarnya.’’ Semoga tim Futsal Maluku mampu mendapatkan tiket PON.Ini harapan saya,’’ imbuh Soplanit. (ZAL)

Most Popular

To Top