NasDem Jamin Usung Kilikily Rebut Bupati MBD – Ambon Ekspres
Politik

NasDem Jamin Usung Kilikily Rebut Bupati MBD

Marasabessy : Balon Bupati akan Disurvey

AMBON,AE— Sejumlah partai politik mulai menyatakan sikap politik mengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya. Meski  belum resmi memberikan rekomendasi, setidaknya jaminan sejumlah petinggi partai untuk Niko Kilikily merebut kursi Bupati MBD, tak akan berubah.

Salah satunya, Partai Nasional Demokrat. Kilikily telah menemui sejumlah petinggi partai yang dibesarkan Surya Paloh itu. Hasilnya, mereka memberikan jaminan akan mengeluarkan rekomendasi untuk Kilikily. ”Pak Kilikily sudah bertemu Korwil DPP NasDem untuk Maluku, Nono Sampono. Pak Kilikily juga bertemu pak Sampono dan Ketua Bapilu DPP NasDem, Enggar Warsito. Jadi tidak masalah di NasDem. Rekomendasi NasDem untuk pak Kilikily 99,9 persen,”klaim juru bicara Kilikily, Poly Etalo, ketika dihubungi kemarin.

Tak hanya itu, dia mengaku, Kilikily telah bertemu anggota DPRD Maluku, Melkias Frans di Jakarta. Kata dia, politisi Demokrat itu juga mendukung Kilikily yang akan berpasangan dengan kakak Frans, Jhon Frans.”Pak Melki mendukung Kilikily. Jadi pak Melki yang sebelumnya ingin maju merebut kursi Bupati MBD, tidak lagi berminat.

Kita juga sudah daftar di Demokrat MBD, hari ini (kemarin) di Tiakur ibukota MBD,” sebutnya.
Selain NasDem dan Demokrat, Kilikily juga berpeluang merebut rekomendasi, PKB, Hanura, dan PKPI.”Jadi sejumlah petinggi partai ditingkat kabupaten, provinsi dan pusat, pak Kilikily sudah bertemu. Jadi tiga (PKB,Hanura, dan PKPI) hampir pasti mengusung pak Kilikily dan pasangannya,” bebernya.

Tak hanya disitu, sejumlah anggota DPRD Maluku dari sejumlah partai juga menyatakan sikap berjuang untuk Kilikily. ”Kalau anggota DPRD Maluku dari NasDem, Herman Hattu menyatakan sikap mendukung dan bersedia menjadi tim hukum dan memberikan penguatan kepada para saksi jika NasDem resmi mengeluarkan rekomendasi bagi pak Kilikily.  Sejumlah anggota DPRD Maluku dari partai berbeda juga menyatakan sikap yang sama. Mereka berjanji memfasilitasi agar partainya memberikan rekomendasi bagi Kilikily,” terangnya.

Karenanya, dia mengaku, urusan rekomendasi partai politik bagi Kilikily, tidak masalah. Kata dia, setelah Kilikily mengantongi sejumlah rekomendasi parpol, Kilikily akan melakukan deklarasi dan turun ditengah masyarakat untuk melakukan konsolidasi. ”Banyak bakal calon  Bupati dan Wakil Bupati MBD saat ini mengemuka dan berteriak ingin maju. Tapi apakah mereka mendapat kendaraan (rekomendasi) atau tidak. Itu yang menjadi persoalan,”pungkasnya.

Sekretaris DPW NasDem Maluku, Abdullah Marasabessy menegaskan, balon Bupati dan Wakil Bupati yang beproses di NasDem akan disurvey oleh lembaga survey yang ditunjuk DPP NasDem. ”Jadi pasangan yang memiliki elektabilitas tinggi akan dipertimbangkan diusung. Jadi belum ada pasangan yang dipastikan diusung. Setelah survey baru diketahui mana pasangan bakal calon atau perorangan yang memiliki elektabilitas tinggi. Jadi DPP yang danai lembaga survey,”kata Marasabessy, kemarin.

Dia mengaku, pihaknya tidak mengetahui lembaga survey ditunjuk DPP NasDem. Hanya saja dia, memastikan, lembaga survey yang ditunjuk menguji elektabilitas balon bupati dan wakil bupati yang beproses di NasDem, medio Maret hingga April 2015.” Paling tidak hasil survey dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Selain elektabilitas kita juga pertimbangkan kesiapan balon dari sisi persyaratan umum dan khusus. Salah satunya, bagaimana memiliki kekuatan finansial untuk menggalang masa. Jadi ketokohan dan kekuatan finansial juga mesti dipertimbangkan untuk memenangkan Pilkada,” terangnya.

Soal Pilkada di MBD, SBT, Bursel, dan Aru, apakan kader NasDem didorong merebut kursi bupati dan wakil bupati, dia mengaku, untuk Pilkada MBD dan Aru, pihaknya mendorong kader untuk mencalonkan diri. ”Ada kader yang didorong.  Minimal posisi wakil bupati. Kalau di SBT dan Bursel tidak ada kader yang didorong. Tapi minimal, pasangan yang diusung memiliki peluang untuk memenangkan Pilkada,”sebutnya.
(JOS)

Most Popular

To Top