Penemuan Panah Berusia 2.200 Tahun Milik Kaisar China – Ambon Ekspres
Internasional

Penemuan Panah Berusia 2.200 Tahun Milik Kaisar China

ARKEOLOG, AE.— menemukan busur panah berusia 2.200 tahun di China. Beberapa ahli percaya panah ini bahkan lebih kuat ketimbang senapan modern. Selain itu, mereka juga menemukan Pasukan Terakota di tempat yang sama.
Menurut laporan People’s Daily Online, Minggu (22/3/2015), panah tersebut ditemukan pada pekan ini. Senjata zaman dahulu itu bisa melepaskan anak panah sejauh 800 meter. Jaraknya sembilan kali lipat lapangan sepakbola.

Penemuan ini sangat menarik karena para ahli percaya busur panah memegang rahasia keberhasilan kaisar pertama China, Qin Shi Huang

Busur anah itu ditemukan oleh arkeolog yang bekerja di pit salah satu objek wisata terkenal di dunia. Panah tersebut dimakamkan di samping salah satu patung Pasukan Terakota.

Ini merupakan pertama kali arkeolog menemukan senjata yang utuh. Sebelumnya, mereka menemukan lebih dari 10 busur panah yang sudah patah di tempat yang sama.

Busur panah tersebut memiliki panjang 1,5 meter dengan ketinggian antara 120–130 sentimeter. Hal ini yang membuat senjata tersebut bisa menjadi salah satu terkuat di era kaisar pertama China.
Menurut sejarah yang ada, busur tersebut menjadi salah satu kunci kemenangan Kaisar Qin Shi Huang selama perang. (OZ)

Most Popular

To Top