Risiko Bencana di Maluku Cukup Tinggi – Ambon Ekspres
Amboina

Risiko Bencana di Maluku Cukup Tinggi

AMBON,  AE.—Indeks Risiko Bencana yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan risiko bencana yang cukup tinggi. Risiko ini meliputi banjir,  gunung meletus,  longsor dan  tsunami.

“Itu berarti daerah kita rentan terkena risiko bencana. Nah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan mitigasi, yakni pengurangan resiko bencana,” kata kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Farida Salampessy di sela Rakor BPBD Maluku, Kamis (19/3).

Langkah untuk meningkatkan mitigasi, lanjut Salampessy, dapat dilakukan me- lalui pelatihan, pendidikan, media masa dan dapat melalui interaksi antara pemerintah dengan pihak swasta serta masyarakat. “Dalam hal menyebar luaskan informasi tentang  risiko  bencana,” se- butnya.

Terkait kendala yang dite- mui,  Salampessy mengaku, k- ondisi geografis Maluku yang merupakan daerah kepulauan menjadi kendala karena akses informasi yang masih rendah. ‘’Sehingga yang kita butuhkan adalah sistem informasi dan transportasi yang baik. Kalau kita punya radio dari kabupaten hingga kecamatan, maka hari itu kejadian (bencana, red ) maka hari itu juga kita ke tahui,“ jelasnya.

Karena itu, tambah dia pihaknya telah membekali para petugas radio di Radio Amatir Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan pemahaman tentang sistem informasi yang baik.

Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pembangunan, Lutfi Rumbia dalam acara itu mengatakan, bencana terjadi bisa karena faktor alam juga akibat  perbuatan manusia. “Untuk itu, tugas kita semua adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penanggulangan bencana guna mengurangi bencana,” ujarnya.

Gubernur berharap, rakor itu dapat menghasilkan program-program yang produktif untuk menyiapkan sumber daya manusia dan aspek pendukung lainnya untuk mengurangi risiko bencana. (MAN)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!