SD Batu Karang Butuh Perhatian Serius – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

SD Batu Karang Butuh Perhatian Serius

Masalah yang dihadapi sejumlah sekolah di sejumlah daerah terpencil di Kabupaten Buru selatan umumnya adalah keterbatasan ruang kelas baru, perpustakaan maupun keterbatasan tenaga guru.

Seperti di Desa Batu Karang, Kecamatan Fena Fafan yang merupakan kecamatan terpencil sejauh ini gedung sekolahnya masih memprihatikan. Dimana sekolah dasar (SD) yang ada disana belum memiliki gedung layaknya sekolah lainnya.

Padahal, Kabupaten Bursel sudah mekar lebih dari lima tahun. Di Kecamatan ini, bukan hanya SD Batu Karang, tapi juga sekolah lainnya ada yang belum memiliki gedung representatif.

Sejumlah elemen masyarakat di desa itu mengaku sangat resah karena anak-anak mereka tidak mendapat pelajaran secara maksimal lantaran keterbatasan ruang kelas. Sangat terpaksa anak-anak mereka harus belajar  dengan ruang belajar seadanya.

Satu-satunya sarana pendidikan yang ada hanyalah gedung perpustakaan.
Namun gedung perpustakaan yang sekarang dipakai untuk ruang belajar, itu pun dibangun sudah lama, yakni sebelum Bursel dimekarkan menjadi sebuah kabupaten definitif, atau saat masih bergabung dengan Kabupaten Buru.

Kecamatan Fena Fafan  memang merupakan kecamatan yang baru dimekarkan. Kebanyakan desa dan dusun di kecamatan ini masih tertinggal dan butuh perhatian serius pemerintah setempat, utamanya di sector pendidikan.
“Sampai saat ini kita belum memiliki gedung sekolah yang permanen di desa Batu Karang,” ujar Kepala desa Batu Karang Kres Hukunala  belum lama ini.

Ia mengaku, kondisi ini mestinya segera disikapi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bursel sehingga anak-anak mereka dapat belajar dengan baik.
“Saya kira Disdikpora Bursel harus memperhatikan hal ini, karena proses pendidikan di desa kami harus berjalan seperti di desa-desa lain yang ada di kabupaten Bursel ini,” ujarnya.

Memang, lanjut Hukunala, sesuai hasil koordinasi pihak sekolah direncanakan tahun ini akan ada anggaran disediakan  Pemkab Bursel lewat Dinas Pendidikan  untuk membangun dua buah ruang belajar.
“Ada anggaran yang disiapkan oleh Pemkab Bursel untuk membangun dua buah ruang belajar. Hanya saja dua ruangan ini juga belum cukup,” akuinya.

Hukunala berharap, ditahun-tahun mendatang, Disdikpora dapat memprioritaskan penambahan ruang belajar untuk  membangun gedung sekolah dasar di desa Batu Karang. “Saya berharap tahun mendatang juga ada penambahan pembangunan ruang belajar, karena ini untuk masa depan anak-anak di desa Batu Karang secara khsusus dan secara umum untuk anak-anak di kabupaten Bursel,” harapnya.(ESI)

Most Popular

To Top