298 Siswa Ikut UAMBN – Ambon Ekspres
Pendidikan

298 Siswa Ikut UAMBN

298 siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Batumerah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertaraf Nasional (UAMBN), Senin (23/3).
Ujian tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 23 hingga 25 Maret, terdiri dari lima mata pelajaran agama, yaitu Al-quran Hadits, Bahasa Arab, Aqidah Akhlak, Fiqih dan sejarah Kebudayaan Islam.

Menurut Kepala MTs Negeri Batumerah, Kusnadi Hi. Umar, pelaksanaan UAMBN dilakukan secara serentak. Sehingga pelaksanaan ujian tersebutdi Kota Ambon menganut sistim silang, yaitu pengawas UAMBN di MTs Negeri Batumerah berasal dari madrasah lainnya di Kota Ambon.

“Selain melaksanakan Ujian Nasional (UN) sebagaimana sekolah umum, kami juga melaksanakan ujian akhir madrasah yang bertaraf nasional. jadi kami melaksanakan ujian nasional dua kali dalam setahun,” ujar Umar.

Menurut dia, pelaksanaan UAMBN dan UN sangat penting sebagai bahan evaluasi untuk mengukur  perkembangan pendidikan pada sebuah sekolah secara nasional. Asal jangan dijadikan sebagai indikator kelulusan saja.

Dengan pelaksanaan UN maupun UAMBN di madrasah, kata Kusnadi, dapat memotivasi sekolah untuk terus meningkatkan kualitas akademik atau pengajarannya, sehingga dapat terus berkembang dan bersaing dengan madrasah yang lain.

“UN dan UAMBN di madrasah sangat penting sebagai bahan evaluasi perkembangan pelaksanaan pembelajaran di madrasah. Dengan hasil yang diperoleh saat ini, bisa menjadi pemicu bagi peningkatan tahun berikutnya,” tandasnya. (ADI)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!