Suarez Raja El Clasico Jilid 229 – Ambon Ekspres
Olahraga

Suarez Raja El Clasico Jilid 229

El Clasico jilid 229 menjadi milik Barcelona setelah mengakhiri laga atas 2-1 Real Madrid di Camp Nou, senin (23/3). Luis Suarez menjadi raja klasiko kali ini dengan gol penentu kemenangan di menit 56.
Sinar El Pistolero itu lebih benderang ketimbang dua megabintang yang tampil penuh dalam laga sarat gengsi tersebut, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Nama terakhir sempat mengembalikan asa Madrid, namun determinasi kurang diperlihatkan Los Blancos dalam laga kali ini. Selain itu, 11 kartu kuning keluar dari saku Antonio Mateu.

Jalannya pertandingan
Babak pertama
El Clasico jilid 229 dimulai! Barcelona mendapat bola pertama dan langsung melancarkan serangan. Namun, empat bek Real Madrid dengan sigap merapatkan barisan. Tempo cepat langsung terjadi di awal babak pertama.
Andres Iniesta terlihat kesakitan usai kakinya diinjak Carvajal yang coba memotong crossing ke kotak penalti El Real. Sepakan penjuru pertama untuk Barca dan masih gagal dimanfaatkan tuan rumah.

Ronaldo! Nyaris saja membuat seiisi Camp Nou terdiam andaikan tap-in di dalam kotak penalti menyambut umpan matang Karim Benzema tidak di gagalkan oleh tiang gawang. Sepanjang 15 menit pertama, tim tamu tampil lebih berbahaya.

Jeremy Mathieu membawa Barcelona unggul atas Real Madrid pada menit 19. Sundulan mantan bek Valencia itu menyambut umpan matang free-kick dari Neymar da Silva. Mengarahkan bola ke tiang jauh, Iker Casillas tak dapat menjangkaunya. Barca 1 Madrid 0.

Terjadi balas mentekel antara Pepe dengan Luis Suarez. Pertama dilakukan oleh bek asal Portugal itu, tak berselang lama El Pistolero membalasnya. Namun, dalam tayangan ulang keduanya terlihat berakting berlebihan dengan Suarez mendapat peringatan dari wasit.
ristiano Ronaldo membuat kedudukan kembali sama pada menit 31. Sambarannya menyambut umpan backheel terukur dari Karim Benzema menerobos sisi kanan gawang Claudio Bravo. Dani Alves coba membloknya namun kalah cepat. 1-1 sementara ini di Camp Nou.

Banyaknya kontak badan yang terjadi membuat wasit Antonio Mateu menjaga konsentrasinya. Empat kartu kuning sudah keluar dari sakunya yang diberikan kepada Jordi Alba, Pepe, Luis Suarez, dan Cristiano Ronaldo.
Lima menit jelang turun minum. Madrid tampil lebih berbahaya ketimbang Blaugrana sebagai tuan rumah. Bale berhasil menyambar sundulan Ronaldo ke gawang Bravo. Namun, kapten Timnas Portugal itu dinilai telah berada dalam posisi offside.

Peluang kembali didapat Bale, lagi-lagi tembakannya melenceng dari target. Marcelo kemudian menjadi pemain kelima menerima kartu kuning. Tanpa ada tambahan waktu, wasit meniupkan peluit tanda babak pertama berakhir. 1-1 sementara ini di Camp Nou.

Babak kedua
Kerjasama Ronaldo dan Benzema nyaris membungkam publik Katalunya pada menit 48. Tinggal melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun striker asal Prancis itu tidak mengarahkannya dengan tepat. Bravo masih dapat melakukan penyelamatan.
Sudah 10 menit berlalu, Barcelona memainkan perannya sebagai inisiator pertandingan. Kecepatan menjadi andalan lini serang kedua tim.

Luis Suarez membuat Barcelona kembali unggul pada menit 57. Pemain berjuluk El Pistolero itu dengan tenang menyelesaikan peluang usai mendapat umpan terukur dari Dani Alves. Mengeker ke tiang jauh dan Iker Casillas salah membaca arah bola. 2-1 untuk Barcelona.
Setelahnya, pertandingan berlangsung keras dengan sejumlah kontak fisik tak dapat dihindari oleh kedua belah pihak. 20 menit babak kedua berlalu, sembilan kartu kuning telah dikeluarkan wasit. Enam di antaranya untuk pemain Real Madrid.

Neymar meliuk-liuk di antara beberapa pemain bertahan Madrid sebelum melepaskan tembakan yang melambung. Berikutnya striker asal Brasil itu kembali mendapat peluang, namun ia terlalu memaksakan diri melepaskan tembakan. Padahal, ada Suarez yang berada di posisi lebih ideal.

Kerasnya pertandingan membuat Carlo Ancelotti menarik Pepe keluar digantikan oleh Raphael Varane. Ini merupakan upaya agar Los Blancos tidak kehilangan jumlah pemain dan akan berbahaya bagi mereka yang sedang berupaya mengejar ketinggalan.

Memasuki 10 menit terakhir pertandingan. Ancelotti terus memberikan instruksi kepada pemainnya untuk lebih menekan. Enrique menambah pasukan lini tengah dengan menarik Neymar yang digantikan oleh Rafinha.
Tambahan tiga menit diberikan ofisial wasit. Namun 180 detik tambahan itu tidak cukup bagi El Real untuk mengejar ketinggalan mereka. Laga pun berakhir disambut dengan gemuruh di Camp Nou. Suarez pantas menjadi bintang kemenangan berkat gol pamungkasnya ke gawang Casillas. (FMH)

Most Popular

To Top