Dikbud Gelar PKG Bagi Guru IPA Jenjang SMP – Ambon Ekspres
Pendidikan

Dikbud Gelar PKG Bagi Guru IPA Jenjang SMP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku, kemarin, menggelar kegiatan Workshop Peningkatan Kinerja Guru (PKG) bagi guru IPA jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Provinsi Maluku tahun 2015.
Kadisdikbud Provinsi Maluku, Saleh Thio mengatakan kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya dalam rangka peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Selain itu, guru juga dituntut untuk mampu menempatkan pribadinya sebagai cerminan dan teladan, dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter bangsa. ‘’Pada posisi ini, jaminan integritas dan kompetensi seorang guru menjadi taruhan sebagai upaya peningkatan kualitas mutu pendidikan yang komperhensif, ‘’ tandasnya.

Apalagi, ingat dia, saat ini guru di Maluku masih diperhadapkan dengan berbagai permasalahan diantaranya guru yang belum berkualifikasi Sarjana (S1) sebanyak kurang lebih 12 ribu guru. Padahal sesuai UU Nomor 14 tahun 2005 guru sudah harus berkualifikasi S1 paling lambat akhir tahun 2015.

Untuk itu, Gubernur Maluku Ir.Said Assagaff dan Kadisdikbud Provinsi telah menyampaikan kepada Mendikbud RI Anies Baswedan, untuk diberikan dispensasi bagi kualifikasi guru di Maluku sekaligus usulan program affirmasi, guna pemenuhan kualifikasi guru melalui program PPKHB kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT).

Terhadap hal ini, katanya, pemerintah telah merespon positif dengan diberikan affirmasi guna percepatan kualifikasi guru S1 selama dua tahun dengan kouta untuk tahun 2015 sebanyak kurang lebih 12 ribu guru di Maluku.
Disamping itu, katanya, masih rendahnya kualifikasi guru berdasarkan hasil uji kompetensi guru (UKG), di Maluku tiga tahun berturut-turut menempatkan posisi guru di Maluku pada rangking 33 dan konsisten setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja memberikan pengaruh buruk terhadap persepsi publik bagi pendidikan di Maluku. Lebih parah lagi jika kedepan muncul ketidakpercayaan publik terhadap pendidikan di Maluku, yang berdampak pada eksodus peserta didik (siswa) kedaerah lain.”Mudah-mudahan kegiatan yang akan dilaksanakan kurang lebih empat hari ini, nantinya akan berdampak positif bagi pelayanan pendidikan dasar di satuan pendidikan,” ungkapnya.

Ketua panitia pelaksana sekaligus Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Fentje Mandaku, menambahkan peserta workshop PKG bagi guru IPA jenjang SMP tahun 2015 berjumlah 86 orang yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku, masing-masing Kota Ambon 9 orang, Kota Tual 8 orang, Malteng 7 orang, Buru 8 orang, Malra 8 orang, MTB 8 orang, MBD 8 orang, Kepulauan Aru 8 orang, SBT 8 orang, SBB 6 orang, dan Bursel 8 orang. (PRO1)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!