FKIP Unidar Gelar Olimpiade Fisika – Ambon Ekspres
Pendidikan

FKIP Unidar Gelar Olimpiade Fisika

UNTUK mengasah potensi siswa dalam mengusai bidang ilmu yang dipelajari, terutama ilmu alam, siswa perlu mengikuti berbagi lomba agar terus termotivasi. Hal ini disampaikan Rektor Universitas Darussalam Ambon DR. Ibrahim Ohorella dalam sambutannya saat membuka Olimpiade fisika tingkat SMA/sederajat se-pulau Ambon yang diselenggarakan Program Studi pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Darussalam Ambon, di aula kampus A Unidar Tulehu, Selasa (24/3).

Dalam sambutannya, Ohorela mengatakan, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi generasi muda, terutama siswa-siswi SMA/sederajat yang mengikuti lomba ini.

“Lomba ini bertujuan untuk mengasah potensi siswa yang belajar pada alam dalam mengusai ilmu alam, terutama dibidang fisika yang didapatkan di bangku sekolah selama 2 sampai 3 tahun,” kata Ohorella.

Dikatakan, lomba tersebut juga merupakan sebuah bentuk informasi kepada sekolah-sekolah yang ada di Maluku, bahwa Universitas Darussalam juga bisa meyelenggarakan event-event kedaerahan. “Selama ini terkesan yang bisa menyelenggarakan ini hanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” katanya.

Sementara itu, ketua panitia lomba olimpiade, Elyas mengatakan, olimpiade tersebut dilaksanakan untuk mencari bibit muda dalam mengusai ilmu fisika agar bisa berkompentensi di tingkat nasional. “Selama ini, Provinsi Maluku selalu menempati urutan bawah dibidang pendidikan, terutama pada ujian nasional dan lomba olimpiade tingkat nasional,” katanya.

Lomba tersebut, lanjutnya, diikuti 11 sekolah, yakni SMA Negeri 1 Ambon, MAN 2 Ambon, SMA Negeri 1 Leihitu, SMA Negeri 7 Leihitu, SMA Negeri 1 Salahutu, SMA Negeri 2 Salahutu, SMA Negeri 3 Salahutu, SMA Xaverius Ambon, SMA Muhammadiyah Mamala, SMA Al-Fatah Ambon dan SMA LKMD Laha.

Keluar sebagai juara pertama dan kedua pada olimpiade tersebut diraih oleh Amanda Lestaluhu dan Khen Mikhael dari SMA Negeri 1 Ambon, sedangkan juara tiga diraih oleh M. Zaenal Ilmi dari SMA Negeri 1 Leihitu. (ADI)

Most Popular

To Top